Acara ini terselenggara atas kerja sama KPM UNJ dengan WR III UNJ. Dalam pelaksanaan, terdapat beberapa rangkaian. Rangkaian pertama adalah grand launching yang  dilaksanakan pada 25 Juni 2019, acara terdiri atas 2 sesi yaitu penyampaian materi dari ibu Aam Amaningsih Jumhur, Ph.D seputar PKM secara garis besar dan sharing tips dan trik untuk bisa membuat proposal PKM yang lolos dan didanai serta berbagi pengalaman seputar PIMNAS yang di bawakan oleh kak Aswin Bimo dan Kak Haryanto Adi. Pada grand launching ini dihadiri. oleh perwakilan dari setiap departemen edukasi ataupun penelitian dari masing-masing BEM baik tingkat prodi, fakultas hingga perwakilan dari DIKLIT UNJ serta mahasiswa UNJ lainnya Grand launching juga menandakan dimulainya upload proposal PIM pada sistem Informasi PKM UNJ yang teknisnya disampaikan pula pada sesi akhir acara ini.

Selanjutnya Rangkaian Acara Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) UNJ 2019 adalah Lokakarya PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) serta Klinik Proposal I pada tanggal 26 Juli 2019. Acara Lokakarya PKM mengundang pembicara yaitu ibu Dr. Rifelly Dewi Astuti, SE.,MM. selaku reviewer nasional PKM Dikti. Acara terbuka untuk seluruh mahasiswa UNJ dan diwajibkan bagi para peserta PIM UNJ. Setelah acara pembukaan dan lokakarya selesai, siang harinya dilanjutkan dengan Klinik Proposal I yang diwajibkan bagi para peserta PIM UNJ.

Total pendaftar ada 259 Proposal dan yang mengikuti Klinik Proposal I ada 79 proposal dari skim Proposal Eksakta, Proposal Non-Eksakta, Proposal GT-AI dan Proposal GFK dengan menyediakan 6 Reviewer yang ahli pada 4 skim tersebut. Rangkaian acara yang kedua yaitu Klinik Proposal II melalui sistem informasi PKM UNJ dengan rentang waktu yang telah ditentukan, sebanyak 2 kali review dari reviewer dan revisi dari mahasiswa yaitu dari tanggal 10 – 25 Agustus 2019 melibatkan 50 dosen reviewer menyesuaikan dengan proposal yang masuk sesuai dengan fakultas masing-masing. Setelah itu peserta PIM diwajibkan untuk mengupload proposalnya pada rangkaian Pengumpulan Proposal Akhir pada tanggal (27 Agustus sampai 30 Agustus 2019), dilanjutkan dengan pengumuman 20 besar PIM UNJ 2019 untuk mengikuti rangkaian acara selanjutnya, yaitu Presentasi Proposal dan Lomba Poster Ilmiah yang terbuka untuk mahasiswa UNJ. Presentasi Proposal dilaksanakan pada tanggal 11 September 2019 dengan dihadiri oleh 19 tim (7 tim bidang eksakta, 6 tim bidang non-eksaktas, 3 tim bidang GT/AI dan 3 tim bidang GFK ) dengan menghadirkan 3 panelis yaitu Ibu Dr. Happy Karlina Marjo, M. Pd, ibu Dwi Handarini, S.Pd., M.Ak. dan ibu Efrina, S.TP., M.Sc. Rangkaian terakhir adalah pengumuman 3 besar dari bidang eksakta dan non eksakta, juara untuk bidang GT/AI dan GFK serta 3 besar pemenang lomba poster pada acara puncak EXPO KPM 13.0 pada tanggal 02 Oktober 2019

Pemenang PIM UNJ 2019

#KPMProgresif

#MenelitiMembangunBangsa

➖➖➖➖➖➖➖➖
KPM UNJ 2019
“Gembira Berkarya”