Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) berencana mengirimkan robot geologi ke Mars yang dinamakan Mars Insight. Tujuannya tidak lain adalah untuk menggali perut Mars dan menyelidiki lebih dalam tentang kandungan yang ada di dalamnya. Nama InSight sendiri merupakan singkatan dari Eksplorasi Interior menggunakan Investigasi Seismik, Geodesi, dan Transportasi Panas. Sebelumnya NASA juga pernah mengirimkan robot ke Mars 6 tahun yang lalu. Bedanya robot Mars Insight digunakan para ilmuwan untuk melacak rotasi Mars dan untuk memahami serta mempelajari ukuran, susun inti, dan seismik Mars.

Rencananya misi Mars Insight akan diluncurkan dari pusat Angkatan Udara Vandenburg California pada Sabtu, 5 Mei 2018 mendatang. Proyek seharga US$1 triliun ini merupakan proyek antarplanet pertama NASA yang diluncurkan dari tempat selain Cape Canverel di Florida. Misi ini diharapkan dapat memberi pengetahuan tentang pembentukan bumi dan Mars sekitar 4,5 triliun tahun lalu.

Bruce Banerdt dari Jet Propulsion Laboratory NASA menyebutkan bahwa  ukuran robot yang memiliki bobot 694 kilogram membuat misi ini memiliki tingkat kesuksesan hanya sebesar 40 persen. Misi ini sebenarnya terlambat selama 2 tahun dikarenakan adanya masalah pada sistem seismometer. Eksplorasi Mars Insight hampir serupa dengan Apollo yang menggali terowongan sepanjang 2,5 meter di bulan pada tahun 1960-1970an. Riset tersebut kemudian mengukur aliran bawah tanah dari panas bulan yang diketahui menyimpan seismometer.

Keren kan?

 

source : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180429135612-199-294481/nasa-kirim-robot-ahli-geologi-ke-mars

Categories: Trivia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *