Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Panitia PIM UNJ – Jakarta, pada hari Kamis (28/7) telah terselenggara kegiatan Lokakarya PKM dan Klinik 1 PIM UNJ, dimana kegiatan tersebut merupakan agenda pembuka dari rangkaian PIM UNJ 2018. Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Ki Hajar Dewantara Lantai 9 untuk lokakarya dan lantai 8 untuk klinik 1 PIM UNJ 2018, dengan tema “Membangun Semangat Keilmiahan Mahasiswa UNJ menuju PIMNAS”. Kegiatan Lokakarya PKM ini diikuti oleh 220 mahasiswa UNJ. Agenda Lokakarya PKM dan Klinik 1 PIM UNJ ini dimulai pukul 08.45 WIB dan selesai pukul 16.00 WIB.

Adapun rangkaian dari Lokakarya yang bertempat di lantai 9 Gedung Ki Hajar Dewantara yaitu pertama-tama acara dibuka oleh Evia Rachma dan Hidayat selaku MC, kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu Wajib Nasional Indonesia Raya yang dipandu oleh Siti Nur Fadilah. Semua peserta seminar dan para tamu undangan berdiri dengan khidmat dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah usai menyanyikan lagu Indonesia Raya acara dilanjutkan dengan sambutan dari Pedja Koswara selaku ketua pelaksana PIM UNJ 2018 dan M. Nurilman Baehaqi selaku ketua umum KPM UNJ. Selanjutnya, sambutan sekaligus peresmian pembukaan rangkaian PIM UNJ oleh Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si selaku Perwakilan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ. Selain memberi sambutan, Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si memberi wejangan untuk seluruh mahasiswa UNJ agar terus membangun semangat keilmiahan dan juga memberi semangat kepada peserta PIM UNJ. Selanjutnya dilakukan doa pembuka oleh Ronaldo Ahmad Sidik, dilanjutkan dengan sesi foto bersama para Wakil Dekan III, Pembicara, dan seluruh tamu undangan. Sesi terakhir dari acara pembuka yaitu Pemberian Cinderamata dan Plakat oleh Para Wakil Dekan III kepada Prof. Dr. Ir. Amin Retnoningsih, M.Si selaku Pembicara Lokakarya PKM.

Pada pukul 09.23 WIB acara inti dimulai, Lokakarya ini terbuka untuk umum yang turut dihadiri oleh dosen-dosen UNJ, peserta PIM UNJ dan juga mahasiswa yang ingin belajar teknik penulisan dan penyusunan proposal PKM. Pertama-tama MC membacakan CV dari Diana Dwi Larasati (Moderator lokakarya PKM) dan kemudian menyerahkan acara sepenuhnya kepada moderator. Moderator mengambil alih acara dan memimpin jalannya seminar, selanjutnya moderator membacakan CV dari Prof. Dr. Ir. Amin Retnoningsih, M.Si selaku Pembicara Lokakarya PKM dan mempersilahkan pembicara untuk menyampaikan materi tentang “Teknik Penulisan dan Penyusunan Proposal”.

Dalam lokakarya PKM ini pembicara membagikan informasi bagaimana mempersiapkan proposal PKM yang layak didanai dan sukses dalam PIMNAS, menjelaskan apa itu PKM juga teknik penyusunan per bidang nya, serta tahapan tahapan dalam PKM. Seusai pemaparan oleh pembicara moderator mempersilakan kepada peserta seminar yang ingin bertanya. Sesi tanya-jawab ini berlangsung dalam 2 termin dengan total penanya sebanyak 4 orang. Acara lokakarya PKM ini berlangsung hingga pukul 12.45 WIB.

Seusai Lokakarya PKM para Panitia mengarahkan peserta PIM UNJ untuk persiapan Klinik 1 PIM UNJ 2018 juga pembagian reviewer yang akan dilaksanakan di lantai 8 Gedung Ki Hajar Dewantara. Kemudian acara dilanjut dengan ISHOMA.

Rangkaian selanjutnya yaitu Klinik 1 PIM UNJ yang dibuka oleh Evia Rahma dan Hidayat selaku MC pada pukul 13.30 WIB. Total proposal yang masuk ialah sejumlah 104 proposal dan dari proposal tersebut yang mengikuti klinik hanya 64 proposal. Kemudian, MC memperkenalkan 10 dosen reviewer kepada peserta PIM UNJ. 10 dosen reviewer tersebut :

1. Massus Subekti, S.Pd, M.T (PKM-KC)
2. Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd (PKM-K)
3. Erika Takidah, S.E., M.Si (PKM-K, PKM-M, PKM-P, PKM AI)
4. Ahmad Kholil, S.T., M.T. (PKM-KC)
5. Agphin Ramadhan, S.Pd., M.Pd. (PKM-KC)
6. M. Djaohar, S.T., M.Sc. (PKM-KC)
7. Asisda Wahyu Asri Putradi, S.S., M.Hum. (PKM-GT)
8. Irma Ratna Kartika, M.Sc. Tech (PKM-PE, PKM-AI)
9. Rahkmat Hidayat, Ph.D. (PKM-GT)
10. Ririt Aprilin S.,ST., M.Sc.Eng.

Selanjutnya panitia mengarahkan peserta untuk berkelompok sesuai dengan bidang PKM untuk PIM yang juga sesuai dengan reviewer yang akan mereview proposal dimana sudah dibagikan pembagiannya. Selanjutnya, peserta bergiliran menunggu untuk direview proposal oleh reviewer. Klinik 1 ini berlangsung hingga pukul 16.00 WIB. Dengan adanya Klinik 1 PIM UNJ ini diharapkan peserta mendapatkan banyak masukan dan saran terkait penulisan juga penyusunan proposal serta dapat memperbaiki kekurangan yang ada pada proposal sebagai persiapan di Klinik 2.

Bagi kalian yang menginginkan PPT lokakarya PIM UNJ kalian dapat mengunduhnya di link berikut :

Unduh .ppt


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.