Nalar Ilmiah (Nalari) kali ini membahas mengenai “Instrumen Penelitian”. Pembahasan terkait materi ini dipaparkan oleh pembicara kita, yaitu ; Fiud Khodriah, APMU. Kegiatan Nalari ini dilaksanakan pada Kamis, 12 April 2018 bertempat di sekretariat KPM UNJ R.106. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang yang terdiri dari pengurus maupun anggota KPM itu sendiri. Kegiatan ini dimulai pada pukul 16.00 WIB dan selesai pukul 18.00 WIB.

Pertama-tama kegiatan ini dibuka oleh MC yang bernama Rafika Della, APMP dan dilanjutkan oleh Moderator Hani Harjayanti, APMP.

Sebelum penyampaian materi, pembicara memberikan Pre-test kepada peserta Nalari berupa pertanyaan mengenai instrument penelitian :
1. Apa yang kamu ketahui tentang instrument penelitian ?
2. Sebutkan jenis instrument penelitian kualitatif dan kuantitatif ?
3. Manakah yang lebih baik, angket terbuka atau tertutup ? Mengapa ?

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang jenis-jenis instrument penelitian :

1. Kuesioner/Angket = Lebih mudah dianalisis, tidak menimbulkan generalisasi namun data yang dihasilkan kurang dalam dan responden tidak dapat berekspresi
2. Skala = Likert, Gutmann, Rating Scale, Skala thematic
3. Wawancara
4. Observasi

Setelah pemaparan materi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Selanjutnya, diadakan post-test dengan memasukkan data yang telah disediakan pembicara ke dalam aplikasi SPSS secara berkelompok guna membuktikan kevalidan data yang ada.

Selanjutnya, kegiatan Nalari ini ditutup oleh moderator dan pembacaan doa yang dipandu oleh Rafika Della, APMP. Terakhir ada sesi foto penyerahan sertifikat oleh saudari Popi Rahayu, APMM kepada pembicara.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.