Nalar Ilmiah (Nalari) kali ini membahas mengenai “Statistika Uji T”. Pembahasan terkait materi ini dipaparkan oleh pembicara kita, yaitu ; Agus Nur Hidayat, APMM. Kegiatan Nalari ini dilaksanakan pada Jum’at, 11 Mei 2018 bertempat di sekretariat KPM UNJ R.106. Kegiatan ini dihadiri oleh 22 orang yang terdiri dari pengurus maupun anggota KPM itu sendiri. Kegiatan ini dimulai pada pukul 16.30 WIB dan selesai pukul 18.30 WIB.

Pertama-tama kegiatan ini dibuka oleh Moderator yang bernama Anisa Fitria, APMP. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai “Statistika Uji T” oleh pembicara.

Sebelumnya pembicara menjelaskan terlebih dahulu apa itu uji T. Uji T adalah uji statistik yang digunakan untuk menguji kebenaran atau kepalsuan hipotesis nol. Syarat uji T yaitu :
1.Sampel di ambil secara acak dari populasi berdistribusi normal.
2. Data berskala interval dan atau rasio.

Dasar pengambilan keputusan :
1. Berdasarkan perbandingan dengan t table : Jika Statistik Hitung (angka t output) > Statistik Table (table t) Ho ditolak.
2. Jika Statistik Hitung (angka t output) < Statistik Tabel (table t) Ho diterima. 3. Berdasarkan nilai Probabilitas untuk uji DUA ARAH jika probabilitas/2 > 0,025, maka Ho diterima. Jika probabilitas/2 < 0,025, maka Ho ditolak.

Klasifikasi Uji T berdasarkan kasus penelitian :
1. 1 sampel = 1 Variabel Rasio/Interval
2. 2 variabel se-grup = 2 Variabel Rasio/Interval
3. 2 sampel berbeda = 1 Variabel Rasio/Interval dan 1 Nominal

Setelah pembicara selesai menjelaskan kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan Nalar Ilmiah ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Anisa Fitria, APMP.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.