Nalar Ilmiah (Nalari) kali ini membahas mengenai SPSS. Pembahasan materi dipaparkan oleh pembicara kita, yaitu Septiani, S.Pd. Kegiatan nalari ini dilaksanakan pada Jum’at, 21 September 2018 bertempat di sekretariat KPM UNJ R.10 dan dihadiri oleh 20 orang yang terdiri dari pengurus maupun anggota KPM. Kegiatan ini dimulai pada pukul 16.00 WIB dan selesai pukul 18.00 WIB. Pertama-tama kegiatan ini dibuka oleh saudari Dwi Nurfitria Bella, APMP dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh saudara Septiani, S.Pd. Sebelum penyampaian materi, pembicara memberikan pre-test kepada peserta berupa pertanyaan-pertanyaan mengenai SPSS.

SPSS (Statistical Package for the Social Sciences atau Paket Statistik untuk Ilmu Sosial) versi pertama dirilis pada tahun 1968, diciptakan oleh Norman Nie, seorang lulusan Fakultas Ilmu Politik dari Stamford University, yang sekarang menjadi profesor peneliti Fakultas Ilmu Politik di Stamford dan profesor Emeritus Ilmu Politik di University of Chicago.

Statistik Deskriptif

Statistik deskriptif adalah metode-metode yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian suatu gugus data sehingga menaksir kualitas data berupa jenis variabel, ringkasan statistik (mean, median, modus, standar deviasi, etc), distribusi, dan representasi bergambar (grafik), tanpa rumus probabilistik apapun. Pada SPPS, analisis statistik deskriptif dilakukan dengan meng-klik menu Klik (Analyze) > (Descriptive Statistics), kemudian terdapat pilihan Frequencies, Descriptives, Explore, Crosstabs, dan Ratio. Dalam penelitian, perintah ini sering diabaikan karena memang dalam beberapa fungsi analisis lain sudah otomatis tercantum analisis deskriptif nya, beberapa fungsi analisis lain sudah otomatis tercantum analisis deskriptifnya.

Setelah pemaparan materi selesai, peserta kemudian diberikan post test berupa praktik langsung menggunakan aplikasi SPSS di laptop masing-masing. Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Dwi Nurfitria Bella, APMP.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.