Nalari (Nalar Ilmiah) adalah kegiatan belajar tentang sebuah penelitian keorganisasian dan public speaking. Nalari kali ini membahas seputar keorganisasian dengan pembicara Husni Falah, APMU dan kesekretariatan oleh Agustiani Putri, APMM, APMK. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at, 2 Maret 2018 bertempat di sekretariat KPM UNJ R.106. Kegiatan ini dihadiri oleh 34 orang yang terdiri dari pengurus dan anggota KPM itu sendiri. Kegiatan ini dimulai pada pukul 16.00 WIB dan selesai pukul 18.00 WIB.
Pertama-tama kegiatan ini dibuka oleh MC yang bernama Dwi Prantara Edka, APMP dan dilanjutkan oleh moderator kita, yaitu ; Fahrul Kurniawan, APMP. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama mengenai “Keorganisasian” yang disampaikan oleh saudara Husni Falah, APMU. Terkait keorganisasian banyak hal-hal yang perlu kita tahu, seperti apa itu organisasi, apa tujuan dari organisasi, kemudian hal-hal apa saja yang harus dihindari dan dilakukan saat berorganisasi. Disini Ka Husni menjelaskan tentang itu semua, beliau juga berpesan “Jangan terlalu fokus pada masalah yang telah terjadi didalam organisasi. Namun, cari solusi dari masalah tersebut. Tanggung jawab terhadap akademik, amanah organisasi harus jalan dengan semestinya dan akan menjadi nilai tambah jika dibarengi dengan sebuah karya dan prestasi”. Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Selanjutnya, masuk materi kedua yang disampaikan oleh saudari Agustiani Putri, APMM, APMK. Materi tersebut terkait tentang “Kesekretariatan”, perlu kita ketahui banyak hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat. Disini, Ka Agus memberikan materi terkait format surat yang benar dan mekanisme pembuatannya. Ketika ada surat keluar maupun surat yang masuk perlu diperhatikan tujuan, nomor surat, tanda tangan, dan stempel nya pun harus sesuai. Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Setelah pemaparan materi dan tanya jawab selesai, ada kesimpulan dari moderator terkait dengan materi yang telah disampaikan oleh kedua pembicara tersebut. Terkait materi “Keorganisasian” kesimpulannya ialah Dalam berorganisasi harus mempunyai tujuan, manfaat, dan prioritas. Jangan lupa terhadap akademik, amanah tanggung jawab, dan menghasilkan suatu karya. Untuk materi “kesekretariatan” kesimpulannya ialah Gunakan PDH, KTA, dan PIN sebagai identitas dalam acara-acara proker KPM. Untuk peminjaman properti KPM dapat dilakukan ke sekretariat umum dan biro-bironya. Format dalam pembuatan surat perlu diperhatikan dan harus sesuai dengan tata aturan yang telah ditetapkan. Setelah itu, kegiatan ini ditutup oleh moderator.

Di akhir kegiatan ini, ada pemberian sertifikat yang diberikan oleh saudari Popi Rahayu, APMM kepada kedua pembicara yaitu ; Husni Falah, APMU dan Agustiani Putri APMM, APMK.

 

Categories: press release

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *