Jakarta, 30 November 2015) Dalam rangka menjaring anggota baru,  Kelompok Peneliti Muda (KPM) Universitas Negeri Jakarta akan menyelenggarakan kegiatan Orientasi Anggota Baru (OAB) yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa Universitas Negeri Jakarta angkatan 2013-2015.

Kegiatan yang mengusung temaaaaaaaa  Kegiatan ini diadakan dari tanggal 30 Oktober 2015 sampai dengan 1 November 2015 bertempat di Yayasan Pengembangan Insan Pertanian Indonesia (YAPIPI) di bogor. Tujuan diadakannya OAB ini adalah untuk membangun dan mengkader mahasiswa UNJ menjadi peneliti muda yang tentunya harus memiliki sifat peneliti.

44 orang yang terdiri dari mahasiswa UNJ angkatan 2013-2015 ikut dalam acara ini. Mereka mengikuti acara ini merupakan salah satu pembuktian atas kesungguhan mereka untuk menjadi anggota KPM. Di dalam kegiatan ini mereka melakukan sebuah penelitian yang Bab 1 sampai Bab 3 nya mereka sudah buat saat Pra-OAB.

Acara dimulai hari Jum’at tanggal 30 Oktober 2015. Semua berkumpul di sekretariat KPM UNJ kampus A pukul 17.00. Namun, belum semua calon anggota baru berkumpul karena beberapa orang masih mengikuti perkuliahan. Akhirnya mereka semua berkumpul pukul  17.30 kemudian dimulai Upacara Pelepasan Calon Anggota Baru yang dihadiri oleh Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan yaitu Bapak Ahmad Sofyan Hanif. Setelah upacara pelepasan para peserta dan panitia melakukan ishoma. Tepat pukul 19.30 kita semua selesai ishoma dan berangkat menuju Bogor. Sebelum keberangkatan kami ke Yapipi, tim advance memberi tahukan tentang kondisi yang terjadi disana. Tim advance memberi tahu bahwa pada pukul 15.00 terjadi hujan yang disertai angina kencang. Membuat beberapa pohon tumbang dijalan menuju Yapipi. Tim advance memberi tahu jalan lain, yang mungkin dapat dilalui mobil tronton. Setelah 2 jam perjalanan kita hampir sampai di tujuan namun kami terhambat dikarenakan lebar jalan yang kecil membuat tronton kami tidak bisa masuk. Akhirnya seluruh panitia dan peserta berjalan kaki menuju lokasi penginapan yang jaraknya 500 m. Pukul 22.00 kami sampai di YAPIPI. Setelah pengondisian peserta dan pengenalan seluruh Panitia sampai pukul 23.00, seluruh peserta beristirahat. Panitia melakukan sedikit breafing dengan purnadewan dan alumni untuk keesokan harinya sampai pukul 01.00.

Hari kedua. Hari sabtu tanggal 31 Oktober 2015 seluruh peserta melakukan Qiyamul Lail yang dipimpin oleh Kak Hendy pukul 03.00 hingga pukul 05.00 yang dilanjutkan solat subuh. Selanjutnya pukul 05.30 seluruh peserta melakukan olahraga pagi selama 1 jam yang dipimpin oleh Huurun Ien dan Dirana Sofiah. Setelah itu peserta dipersilahkan kembali ke penginapan, untuk bersiap-siap ke acara selanjutnya. Pukul 08.00 semua peserta dikumpulkan untuk briefing kegiatan penelitian dan pembagian pendamping penelitian. Pukul 09.00 seluruh peserta melakukan penelitian masing-masing berdasarkan kelompoknya hingga pukul 12.00. Setelah itu, mereka melakukan ishoma hingga pukul 13.00. Dilanjutkan dengan materi tentang presentasi oleh Kak Hendy dan materi Bab 4 dan Bab 5 oleh Kak Syifa hingga pukul 15.00. kegiatan selanjutnya adalah pembuatan Bab 4 dan Bab 5 karya tulis melanjutkan yang sudah mereka buat pada Pra-OAB. Tepat pukul 18.00 mereka selesai dan mulai mengumpulkan karya tulis mereka yang sudah lengkap. Sementara menunggu karya tulis mereka dicetak oleh Adinal Mutaqin, mereka membuat PPT penelitian mereka serta makan dan sholat. Tepat pukul 20.00 seluruh kegiatan pembuatan file presentasi dan pencetakan karya tulis selesai dan seluruh peserta dihadapkan pada acara utama yaitu Presentasi Hasil Karya Tulis mereka masing-masing di depan Panelis. Para panelis yang akan menilai yaitu Kak Toni selaku Alumni yang ahli dibidang pendidikan dan MIPA, Kak Umar selaku alumni yang ahli dibidang IPA, serta Dosen Pembimbing KPM UNJ yaitu Pak Massus Subekti yang ahli dibidang Teknik. Kelompok pertama yang maju presentasi adalah kelompok Pendidikan, dilanjutkan kelompok ….. banyak sekali komentar yang membangun dari para Panelis dan membuat seluruh peserta termotivasi untuk melakukan penelitian yang lebih baik lagi. Acara selesai pukul 12.00. setelah itu, seluruh peserta dipersilahkan kembali ke penginapan masing-masing untuk beristirahat. Panitia, purnadewan dan alumni melakukan breafing dan persiapan untuk melanjutkan acara selanjutnya yaitu renungan malam.

Renungan malam dilakukan mulai pukul 02.00 di hari minggu. Terjadi banyak keseruan ketika acara renungan malam. Para peserta dilatih mental oleh para panitia, purnadewan dan alumni. Para peserta diwajibkan untuk dapat memnjaga amanah yang diberikan berupa telur, lalu menjaga identitas mereka berupa nametag dan almamater. Didalam acara ini, peserta dilatih mental untuk dapat mengatasi masalah yang terjadi saat meneliti. Acara ini berlangsung sampai subuh menjelang. Setelah itu, acara napak tilas yang intinya saling sharing yang dipimpin oleh bang Eko dan dimulai dari angkatan KPM yang paling lama sampai KPM 2014.  Sekitar 05.30 acara selesai dilanjutkan solat subuh dan istirahat. Pukul 10.00 peserta dibangunkan dan mengikuti Games yang seru. Games ini dipandu serta dipimpin oleh bang Qidam. Ada dua games yaitu gelas pyramid dan menjaga lilin. Dalam gelas pyramid, dibagi menjadi beberapa kelompok dan adu cepat siapa yang bisa membentuk pyramid. Games ini bertujuan untuk melatih kekompakan dan ketelitian. Games kedua yaitu menjaga lilin. Disini seluruh peserta dijadikan satu dan harus menjaga api lilin yang menyala. Para panitia serta purnadewan alumni melempari mereka dan lilinnya air lumpur. Sehingga sering mematikan lilin tersebut. Namun, mereka berhasil melampaui itu semua. Pukul 12.00 acara games selesai dilanjutkan dengan bersih-bersih dan persiapan pulang oleh peserta dan panitia. Pukul 13.00 para peserta dikumpulkan untuk makan siang sekitar 15 menit dan dilakukan pemilihan ketua angkatan KPM 2015. Terpilih 5 calon ketua angkatan yaitu Adi, Niken, Eqi, Ali, dan Dena. Dari kelima calon, terpilihlah Eqi sebagai ketua angkatan 2015. Pukul 14.00 seluruh peserta dan panitia mengikuti upacara pelantikan Pengurus Pengganti yaitu Sugeng, Pelantikan APMM untuk Kak Ita, dan Pelantikan APMP untuk seluruh peserta OAB 2015. Acara ini selesai pukul 15.00 disertai penutupan OAB dan pulang ke UNJ. Namun, kondisi cuaca hujan sehingga seluruh peserta dan panitia tertahan di YAPIPI sampai maghrib. Akhirnya saat maghrib kami berangkat pulang dan sampai di UNJ pukul 20.30.

 

 


1 Komentar

Anton S · 4 September 2018 pada 21:49

Maju terus peneliti indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.