Dalam rangka merekrut anggota baru, Kelompok Peneliti Muda (KPM) Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan Orientasi Anggota Baru (OAB). OAB tahun ini mengusung tema Membangun Semangat Meneliti Menuju Peneliti Muda yang Produktif. Bertempat di Yayasan Pengembangan Insan Pertanian Indonesia (YAPIPI) Bogor, kegiatan ini diadakan pada 12-14 Oktober 2018 dan diikuti oleh 86 peserta dengan tujuan untuk menciptakan generasi-generasi muda yang berjiwa peneliti.

Acara dimulai pada Jumat, 12 Oktober 2018. Pukul 16.00 WIB peserta berkumpul di depan Gedung IKK untuk melakukan apel pelepasan calon anggota baru KPM UNJ, yang juga dihadiri oleh Bapak Muhammad Yusro, M.T., Ph.D. selaku dosen pembimbing KPM UNJ. Namun, tidak semua peserta hadir dikarenakan sebagian masih mengikuti perkuliahan. Setelah apel selesai, ada penyampaian sosialisasi teknis keberangkatan dan tata tertib oleh sie K3 dan dilanjutkan dengan ishoma. Pukul 20.00 WIB peserta diarahkan menuju tronton kemudian berangkat menuju YAPIPI. Kurang lebih selama 3 jam perjalanan, tronton sampai di tempat. Panitia melakukan arahan kepada peserta untuk segera beristirahat.

Hari kedua, Sabtu 13 Oktober 2018. Pukul 03.00 WIB peserta dibangunkan dan diarahkan untuk melakukan shalat qiyamul lail dan dilanjutkan shalat shubuh. Selanjutnya peserta melakukan olahraga senam pagi selama 1 jam yang dipimpin oleh saudari Mumtaz Al Mawaddah. Peserta dipersilahkan kembali ke penginapan dan bersiap-siap untuk kegiatan selanjutnya. Pukul 09.00 WIB seluruh peserta sudah berada di aula dan berkumpul dengan kelompoknya untuk mengambil data penelitian. Peserta beserta fasilnya diberi waktu 3 jam mengingat beberapa kelompok mengambil data di luar lingkungan YAPIPI. Pukul 12.00 WIB peserta kembali berkumpul di aula dan melakukan shalat dzuhur. Kegiatan selanjutnya adalah pengolahan data penelitian untuk melanjutkan bab 4 dan bab 5 yang telah dibuat saat pra OAB. Terlihat beberapa kelompok membagi tugas, ada yang membuat presentasi dan yang lainnya membuat pembahasan serta kesimpulan. Kegiatan ini terhambat karena listrik di aula yang tidak kuat sehingga menyebabkan seringnya mati listrik. Setelah shalat maghrib dan semua kelompok sudah mengumpulkan hasil penelitiannya, tiba saatnya untuk presentasi. Panelis yang hadir adalah Bang Sultoni, M.Pd., Bang Margowidilaksono, S.Pd., M.M. dan Bang Agus Ali Yamin, APMK. Banyak saran dan komentar dari panelis yang membangun dan membuat paserta untuk melakukan penelitian lebih baik lagi. Acara presentasi selesai pukul 24.00 WIB dan peserta dipersilahkan kembali ke penginapan untuk istirahat.

Jelajah malam dilaksanakan pukul 03.00 WIB di hari Minggu. Pada acara ini peserta dilatih mental oleh purnadewan dan alumni serta diberi pertanyaan seputar penelitian. Peserta diwajibkan menjaga amanah yang diberikan panitia berupa telur, nametag, dan almamater yang harus dijaga hingga acara jelajah malam selesai. Acara ini diakhiri dengan penerbangan lampion oleh peserta. Adzan shubuh berkumandang, peserta diarahkan untuk shalat berjamaah dan dilanjutkan dengan acara sharing purna dewan dan alumni yang dipimpin oleh Bang Insan. Pukul 06.00 acara selesai, peserta dipersilahkan kembali ke penginapan untuk istirahat. Pukul 09.30 peserta dibangunkan untuk mengikuti games seru, diantaranya main bola di kolam lumpur untuk laki-laki yang dipimpin oleh Bang Eqi dan tebak kotak untuk perempuan. Games ini bertujuan untuk melatih kekompakan dalam tim. Pukul 11.00 WIB, games selesai dilanjutkan dengan bersih-bersih dan persiapan pulang. Pukul 12.00 peserta dikumpulkan di aula untuk ishoma. Acara selanjutnya adalah pemilihan ketua angkatan KPM UNJ 2018. Setelah itu, seluruh peserta, panitia, purna dewan, dan alumni mengikuti apel pelantikan anggota baru KPM UNJ 2018. Acara OAB 2018 diakhiri dengan sesi foto bersama. Dikarenakan kondisi cuaca hujan, peserta dan panitia baru pulang pukul 17.00 WIB dan sampai di UNJ pukul 22.00 WIB.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.