cute-blue-wallpaper copy

Kamis, 19 Maret 2015 –
Training Of Trainer (TOT) adalah kegiatan program kerja dari Kelompok Peneliti Muda Universitas Negeri Jakarta oleh divisi P2EK ( Perencanaan Pengembangan Edukasi dan Keilmiahan) yang di kepalai oleh Harmawan Febrianto dari Fakultas Teknik (FT) dimana kegiatan ini berguna untuk melatih dan menambah wawasan keilmiahan calon fasilitator eskul KIR (Kelompok Ilmiah Remaja) yang akan ditempatkan ke sekolah binaan KPM UNJ yang terdiri 12 sekolah SMA,SMP dan SD. Yang tersebar di wilayah Jakarta dan Bekasi. Kegiatan ini terbuka untuk umum atau participant pada agenda ini berlangsung pada pukul 17.00 WIB dimana pembicaranya oleh perwakilan divisi P2EK oleh Harmawan Febrianto dan Rian Glory Suseno. Pada acara ini, dijelaskan secara meluruh tentang bagaimana kegiatan TOT tersebut yang dijelaskan oleh kak Rian Glori, dimana kegiatan TOT akan berlangsung sebanyak kurang lebih 10 pertemuan pada program wajib dan beberapa kegiatan TOT BERSAMA yang bersifat isidental. Kegiatan TOT melebihini bobot pelatihan sebesar 60 % praktek dan 40% teori antara lain kegiatan TOT seperti, Pelatihan Microteaching, pembuatan Bel Cerdas Cermat, Robotika, Astronomi, Pembuatan Yoghurt dan lainnya.

IMG_20150326_190810IMG_20150326_185208 IMG_20150326_185224

Foto (kiri ke kanan): Presentasi Opening TOT dan sosialisasi PENGMAS#3 oleh Divisi P2EK, Peserta TOT yang sedang memperhatikan kegiatan, Seorang Purnadewan KPM yang sedang sharing pengalaman.

Dimana para peserta dibekali ilmu pengetahuan terhadap keilmiahan sebelum mengajar. Pada kegiatan ini peserta mendapatkan buku panduan tentang KIR secara free dan dapat dibawa pulang membuat para peserta pelatihan lebih meyakini dan belajar tentang KIR itu tersebut. Setelah pemaparan TOT tersebut selesai, selanjutnya kak Harmawan Febrianto menyampaikan tentang peraturan dalam kegiatan TOT serta teknik dalam penyaluran fasilitator ke sekolah binaan. Kegiatan TOT di pending sebentar dikarenakan sudah masuk waktu Magrib dan dimulai kembali pada pukul 18.30 WIB. Selesai sholat magrib, peserta dipersilahkan duduk kembali dan menyimak sosialisasi Pengabdian Masyarakat ke -3 oleh KPM UNJ.

Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) adalah program kerja P2EK juga dalam ranah penyuluhan dan pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Dalam hal ini, KPM mengaplikasikan Tri Dharma perguruan tinggi dalam segi kemasyarakatan. Dimana, Kelompok Peneliti Muda UNJ ini akan melaksanakan PENGMAS ke-3 di Pasir Angin Bogor. PENGMAS adalah agenda terbaru dan menjadi program kerja yang masih berjalan selama 2 tahun sebelumnya, dimana PENGMAS KPM sebelumnya pernah mengadakan di desa Tambora, Jakarta Barat dan Kramat Jati , Jakarta Timur. Pada sosialisasi ini diwakilkan oleh Ary Akbar Nugraha perwakilan dari P2EK sekaligus ketua PENGMAS KE-3 pada tahun ini. Dimana, kak Ary memaparkan sistematika PENGMAS KE-3 ini akan berlangsung dari tahap survey, penyebaran angket, sosialisasi, pelaksanaan dan monitoring. Dalam hal ini, menjadikan pengabdian lebih terasa akan kebermanfaatan kami sebagai mahasiswa yang menerapkan ilmu pengetahuan dikuliah dan riset- riset kami sebelum mengabdi. Pengabdian Masyarakat ini berencana akan membudidayakan cacing tanah (Lumbricus) dengan pemakaian sisa-sisa log jamur yang tidak terpakai lagi agar bisa dimanfaatkan.

Sebelum, para mahasiswa yang tergolong dari KPM UNJ ini terjun ke masyarakat ada beberapa pelatihan yang akan dilaksanakan seperti penelitian terhadap kualitas cacing dengan pemanfaatan media log jamur yang sudah tidak terpakai dan pelatihan peningkatan public speaking yang tergabung oleh tim Peneliti dan Teknis pada kepanitiaan PENGMAS-3. “Diharapkan, dengan kegiatan ini teman-teman KPM UNJ khususnya calon fasilitator dan para participant (diluar status keanggotaan KPM atau mahasiswa umum) dapat melakukan kewajiban dan bekal pengetahuan sebagai seorang trainer KIR dan sebagai mahasiswa yang sebelumnya akan hidup bermasyarakat setelah lulus menjadi mahasiswa”, Ujar Ary Akbar. “Serta,dengan adanya kegiatan ini menjadi lapangan ibadah kita untuk iklas membantu masyarakat”, Ujar Kepala Divisi P2EK Harmawan Febrianto
Pada akhir acara ini, pada pukul 20.15 WIB dengan ditutup berdoa bersama semoga kegiatan TOT 2015 dan PENGMAS Ke-3 ini semoga lancar dalam kegiatanya hingga diakhir kegiatan.

Kategori: Press Release

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.