P3KPM (Program Pendanaan Penelitian Kelompok Peneliti Muda) merupakan salah satu program unggulan dari Divisi Perencanaan Pengembangan Penelitian yang bertujuan untuk memfasilitasi anggota KPM dalam melakukan penelitian dan bagi yang berhasil lolos uji kelayakan dalam usulan proposal akan didanai penelitian nya oleh KPM. Output yang dihasilkan oleh kegiatan ini ialah karya tulis ilmiah hasil penelitian, bagi penelitiannya yang berkualitas akan mengikuti SHP(Seminar Hasil Penelitian) dan dimasukkan ke dalam jurnal KPM.

Kegiatan Grandlaunching ini diadakan dengan tujuan untuk menginformasikan tentang apa saja hal-hal yang perlu diketahui dalam P3KPM. kegiatan Grandlaunching P3KPM ini dilaksanakan pada Sabtu, 3 Maret 2018 bertempat di sekretariat KPM UNJ R.106. Kegiatan ini dihadiri oleh 32 orang yang terdiri dari pengurus dan anggota KPM itu sendiri. Kegiatan ini dimulai pada pukul 10.30 WIB dan selesai pukul 12.00 WIB.

Pertama-tama kegiatan ini dibuka oleh saudari Mumtaz Al Mawaddah, APMP. Selanjutnya, ada pemaparan tentang P3KPM yang dijelaskan oleh Mumtaz Al Mawaddah, APMP dan Adamul Istikanah, APMP. Sebelumnya mereka menjelaskan tentang apa itu P3KPM dan output yang dihasilkan oleh P3KPM itu sendiri. P3KPM tahun 2018 ini mengangkat tema “Mengembangkan Inovasi Penelitian yang Produktif dan Unggul”. Penelitian P3KPM ini terdiri dari 5 bidang penelitian dengan subtema yang berbeda-beda, yaitu ;

1) Bidang Sains

     Subtema : “Pengembangan Inovasi atau Eksplorasi Sumber Daya Alam yang Produktif”

2) Bidang Pendidikan

     Subtema : “Inovasi Pendidikan yang Produktif”

3) Bidang Teknologi

     Subtema : “Teknologi Produktif serta Energi Alternatif Ramah Lingkungan”

4) Bidang Bahasa dan Sosial

     Subtema : “Upaya Pemecahan Masalah Sosial Budaya yang Produktif dan Berkelanjutan”

5) Bidang Ekonomi

     Subtema : “Penerapan Ilmu Kewirausahaan dalam mewujudkan Masyarakat Mandiri dan Produktif”

Selanjutnya, penjelasan tentang syarat-syarat pembuatan kelompok untuk P3KPM, pemberitahuan terkait timeline, timeline pelaksanaan upgrading, sistematika penulisan dan terakhir penjelasan terkait logbook penelitian.

Dalam kegiatan P3KPM ini juga akan diadakan lomba best papper dan best poster. Selain itu ada juga lomba foto terbaik dan terunik dengan bingkai yang sudah disediakan. Setelah pemaparan tentang P3KPM selesai, selanjutnya ada sesi tanya jawab. Setelah itu, kegiatan Grand Launching ini ditutup oleh saudari Mumtaz Al Mawaddah, APMP.

LINK UNDUH:

PANDUAN P3KPM 2018

GRAND LAUNCHING P3KPM 2018

Categories: press release

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *