PRESS RELEASE GRAND FINAL PIM UNJ 2016

 

Pekan Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta adalah kompetisi Proposal Kreativitas Mahasiswa (PKM DIKTI) tingkat Universitas Negeri Jakarta. Tahap pengumpulan ide-ide proposal  diselenggarakan dari tanggal 2 Mei 2016 dan diikuti sebanyak 283 tim mahasiswa. Proposal-proposal kreatif tersebutpun diseleksi demi mencari proposal yang terbaik.

Pihak Kelompok Peneliti Muda (KPM UNJ) dan Universitas Negeri Jakarta tidak membiarkan para peserta berjuang sendirian untuk menyusun proposal mereka. Sebelum tahap seleksi pertama, para pakar dalam berbadai bidangpun membina para peserta untuk dapat menghasilkan proposal yang baik dan unggul dalam kegiatan Workshop PKM yang diselenggarakan pada tanggal 25 Juli 2016.

Proses penyeleksianpun dilakukan sangat ketat. Para dosen-dosen yang ahli para setiap bidang PKM. Pada tahap seleksi pertama, 113 proposal berhasil terpilih. Merekapun terus dibimbing untuk membuat proposal yang berkualitas di acara Klinik Proposal.

Grand Final Pekan Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (PIM UNJ) akhirnya terlaksana pada hari rabu tanggal 21 September 2016 di aula Maftuchah Yusuf, Gedung Dewi Sartika lantai 2.

Acara dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNJ, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan UNJ, Kasubagmawa, staff pengembang Wakil Rektor Bidang Kemahahasiswaan, staff ahli Lembaga Penelitian UNJ, dan dibuka secara resmi oleh Rektor UNJ.

Acara berlangsung dengan meriah disaksikan oleh lebih dari 200 mahasiswa dan dosen. Sebanyak 10 Grand Finalis yang mengikuti lomba presentasi terdiri dari mahasiswa FMIPA, FIP, FIS, FE dan FT. Para finalis mempresentasikan masing-masing dari ide mereka secara bergilir. Selain presentasi dari para finalis, terdapat pula pameran lomba poster dari 18 Tim PKM UNJ yang lolos didanai DIKTI dan 100 besar Finalis PIM UNJ.

Setelah kesepuluh Tim memaparkan proposal kreativitasnya di ajang PIM UNJ, diumumkanlah juara-juaranya. Juara 1 yaitu Tim dari Nur Mei Alfi Fajrin (FMIPA) yang mengusung penelitian tentang analisa triptamin dalam larutan HCl sebagai Green Corrosion Inhibitor pada Stainless Steel, Juara 2 yaitu Tim dari Denawati Junia (FMIPA) yang berkolaborasi dengan mahasiswa Fakultas Teknik mengusung penelitian tentang analisis potensi Radio Frequency Energy Converter menggunakan Joule Thief sebagai pembangkit Listrik, dan Juara 3 yaitu Tim dari Nandya Rachma (FIP) dengan inovasinya untuk mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan TEBONGSANG (Tepung Bonggol Pisang) kaya nutrisi tanpa lemak sebagai alternatif bahan dasar pangan untuk anak berkebutuhan khusus.

Adapun juara lomba poster masing-masing dijuarai oleh Tim Savira Rahmah Zakiyyah (FMIPA), Tim M. Reyhan (FMIPA), dan Tim M. Fachrurozi (FT). Masing-masing juara memperoleh hadiah uang tunai, piala dan sertifikat yang diberikan langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNJ.

 

Selamat kepada para pemenang, semoga karya kreatif dan inovatif dari mahasiswa UNJ dapat terus berkembang pesat sehingga dapat memberikan sumbangsih terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.