“Nanoteknologi dan Pangan Lokal Penentu Daya Saing Bangsa” tema yang diangkat pada acara SKILL ( Seminar Keilmiahan dan Hasil Penelitian) memadukan pentingnya mengembangkan tekhnologi nano dan memanfaatkan pangan lokal untuk Indonesia yang lebih baik. Acara berlangsung pada hari Sabtu 3 Oktober 2015 dari pukul 08.00 – 15.30 sore hari di Aula UPT Perpustakaan UNJ.  Peserta yang menghadiri acara ini mayoritas mahasiswa  yang tidak hanya  Universitas di Jakarta tetapi juga dari wilayah lainnya seperti UNSOED dan UNTIRTA.

DSCN7754

Acara diawali dengan seminar hasil penelitian anggota KPM yaitu Ari Akbar, Anwar Setiadi, Harmawan Febrianto dan Nur Mei Alfi Fajrin mengenai ” Potensi Pembangkit Sederhana BerbasisThemoelectric Cooler”.  Kelompok tersebut  merupakan kelompok terpilih dari seleksi P3KPM ( Pendanaan Penelitian KPM ). Acara dilanjutkan dengan Seminar Nanotekhnologi dan Talk Show Go Pangan Lokal. Untuk meramaikan acara De Javu tampil membawakan lag-lagu yang menghibur para peserta salah satu lagu yang dibawakan yaitu jingle Go Pangan Lokal.

DSCN0013 (2)DSCN0057 (2)DSCN0051 (2)

Pada Seminar Nanotekhnologi menampilkan Dr. Setyo Purwanto, M.Eng  dan M. Ikhlasul Amal, M.si.Ph.D  yang sudah tidak diragukan lagi keahliannya pada bidang nanotekhnologi dan dimoderatori oleh Alhara Yuanda M.Si.   Perkenalan dan perkembangan nanotekhnologi disampaikan oleh Dr. Setyo Purwanto selaku guru besar BATAN yang ahli dibidang material. Sedangkan M. Ikhlasul Amal, M.si.Ph.D  menyampaikan mengenai bagaimana peluang nanotekhnologi dalam menghadapi MEA. Penyampaian yang komunikatif dan penggunaan alat peraga yang sederhana oleh kedua pembicara sangat menarik antusias peserta untuk terlibat aktif saat diskusi maupun sesi tanya jawab berlangsung. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang tertantang menjawab beberapa pertanyaan dari pembicara maupun banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta. Diharapkan para peserta dan semua yang hadir pada semibar ini dapat terlibat aktif dalam pengembangan tekhnologi nano dan mengejar ketertinggalan Indonesia dengan bangsa-bangsa yang sudah lebih dulu maju.

_MG_7270_MG_7172

Talkshow Go Pangan Lokal disampaikan oleh seorang ahli pangan yang sudah banyak meneliti berbagai pangan lokal asli Indonesia yaitu Dr. Susiani Purbaningsih, DEA dan praktisi pangan lokal yaitu Hj. Neno Warisman ( Bunda Neno ). Bu Susi membagi ilmunya mengenai pemanfataan berbagai pangan lokal di Indonesia dan potensi pangan lokal dalam memepertahankan pangan nasional. Pemaparan beliau yang sangat jelas, detail, dan tegas membuat para peserta menjadi semakin antusias mendengarkan. Bunda Neno berbagi pengalamnnya yang sudah dua tahun lebih mempraktikan pengalihan pangan dari beras ke pangan-pangan lainnya seperti singkong, ubi, talas dll yang jauh lebih bersahabat dengan tubuh manusia. Pengalaman beliau menginspirasi para peserta untuk turut mencobanya. Hal ini terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang meminta tips dan saran dari Bunda Neno.

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.