Temu Wilayah Regional II ILP2MI merupakan kegiatan agenda tahunan yang diadakan untuk menghubungkan lembaga penalaran dan penelitian di daerah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Temu Wilayah Regional tahun 2018 dilaksanakan pada Sabtu 24 Maret 2018 dan Field Trip pada Minggu 25 Maret 2018 yang diikuti oleh 11 UKM yang berada di wilayah regional II yaitu FORCES IPB, TRAS UNTIRTA, KSM EKA PRASETYA UI, Penalaran dan Keilmuan UNSWAGATI, LEPPIM UPI, PIR UNPAD, KPM UNJ, LEPPIM Tasikmalaya UPI, LKM UNJ, MARS PROJECT PNJ, dan Permata Ilmu UPI. Pada agenda kali ini serangkaian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya : pembahasan program kerja, yang diawali dengan pembahasan stuktur regional II, pembahasan program kerja yang akan dijalankan, penentuan struktur organisasi wilayah regional II, Informasi simposium nasional, penentuan tuan rumah temreg selanjutnya dan terakhir Field Trip.

Kegiatan ini dimulai pukul 09:40 WIB, dengan pembukaan yang di pandu oleh MC yaitu saudara Pedja, dan saudari Adamul Istikanah. Dilanjutkan dengan pembacaan tilawah yang dibacakan oleh saudara Ronaldo Ahmad Sidik. Setelah itu seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di pandu oleh saudari Dini Rizqi Lestari. Kemudian sambutan dari saudara Dadan Sumardani selaku ketua pelaksana, dilanjutkan sambutan dari M.Nurilman Baehaqi selaku ketua KPM UNJ dan dilanjutkan sambutan dari Mochamad Nasir selaku Koordinator Wilayah Regional II.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan perkenalan KPM UNJ yang disampaikan oleh saudara M.Nurilman Baehaqi selaku Ketua Umum KPM UNJ 2018, pengenalan seputar struktur organisasi, visi dan misi, susunan kepengurusan dan program kerja. Kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi ILP2MI yang disampaikan oleh Mochamad Nasir selaku Koordinator Wilayah Regional II, presentasi ILP2MI seputar gambaran umum ILP2MI, asas ILP2MI, tujuan, fungsi, kepengurusan dan keanggotaan serta syarat keanggotaan menjadi anggota ILP2MI.

Acara selanjutnya adalah Sharing dan Diskusi oleh semua UKM yang hadir. Peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yaitu Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan kelompok kedua yaitu Humas dan Media. Sharing dan diskusi dipandu oleh dua orang panelis dari FORCES IPB yaitu oleh saudara Amar Muhammad Qadafi dan saudara Yoan Andriansyah. Pada pukul 12.30 WIB peserta diperuntukkan untuk ISHOMA, kemudian setelah ISHOMA dilanjutkan kembali kegiatan sharing dan diskusi. Setelah kegiatan sharing dan diskusi selesai dilanjutkan dengan Ice Breaking yang dipandu oleh MC yang dikemas dalam bentuk games yang bertujuan agar peserta yang hadir dapat mengenal satu sama lain. Teknis games yang dilakukan dengan cara membagi peserta menjadi satu lingkaran kecil didalam dan satu lingkaran besar diluar para peserta diminta untuk saling berkenalan dengan cara yang unik, sesuai dengan komando dari MC.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pembahasan program kerja yang di pimpin oleh FORCES IPB selaku koordinator wilayah regional II yaitu oleh saudara Mochamad Nasir, Amar Muammar Qadafi dan saudara Yoan Andriansyah, diawali dengan pembahasan stuktur regional II terhadap tiga divisi yang menghasilkan masing-masing Koordinator dan anggota setiap divisi yaitu divisi Humas dan Media dengan koordinatornya UKM Permata Ilmu UPI Serang dengan anggotanya LKM UNJ, KSM EP UI, dan PIR UNPAD. Selanjutnya, Divisi Kajian dan Literasi dengan Koordinatornya UKM LEPPIM Tasikmalaya dengan anggotanya TRAS UNTIRTA, dan Penalaran dan keilmuan UNSWAGATI. Selanjutnya, Divisi Penelitian bersama dengan Koordinatornya UKM MARS PROJECT PNJ dengan anggotanya KPM UNJ dan LEPPIM UPI.

Kemudian, dilanjutkan dengan pembahasan program kerja yang akan dijalankan diantaranya: Membangun koordinasi yang erat antar anggota ILP2MI Regional II ditahun 2018, Penelitian bersama ditahun 2018 dengan tema “Pengembangan Potensi Daerah”, dan yang terakhir Pengabdian Masyarakat yang merupakan program jangka panjang yang akan dilaksanakan pada tahun 2020. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian informasi simposium nasional yang akan dilaksanakan ditahun 2018 dan penentuan tuan rumah Temu Wilayah Regional II selanjutnya yaitu KSM Eka Prasetya UI. Pembahasan program kerja berakhir pada pukul 17.10, dan dilanjutkan dengan doa penutup yang dipimpin oleh saudara Ronaldo Ahmad Sidik dan acara ditutup oleh MC. Selanjutny, Peserta di arahkan untuk melakukan sesi foto bersama.

Temu Wilayah Regional II tahun 2018 dilanjutkan pada hari Minggu 25 Maret 2018 dengan kegiatan Field Trip ke Museum Nasional dan Perpustakaan nasional. Field Trip diawali dengan mengunjungi Museum nasional peserta di pandu oleh seorang tour guide. Setelah itu peserta diarahkan untuk menuju ke Perpustakaan Nasional. Kemudian peserta diarahkan untuk kembali ke UNJ untuk ISHOMA dan diakhiri dengan pengkoordinasian kepulangan peserta.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.