Training Of Trainer kali ini membahas mengenai robotik. Pembahasan materi dipaparkan oleh pembicara kita, yaitu Anggi Rachmad, S.Pd. Kegiatan TOT dilaksanakan pada Sabtu, 27 Oktober 2018 bertempat di sekretariat KPM UNJ R.106. dan dihadiri oleh 23 orang yang terdiri dari pengurus dan anggota KPM serta siswa/siswi SMKN 14 Jakarta. Kegiatan TOT dimulai pada pukul 16.30 WIB dan selesai pukul 18.00 WIB.

Pertama-tama kegiatan dibuka oleh saudari Dini Rizqi Lestari, APMP kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh saudara Anggi Rachmad, S.Pd. Sebelum memaparkan materi, pembicara memberikan arahan kepada peserta untuk menginstal Arduino IDE. Robot adalah sistem yang diprogram untuk berjalan otomatis untuk membantu pekerjaan manusia. Robot mobile yaitu robot yang bergerak. Roda kanan dan kiri pada robot untuk manufer (bergerak ke kanan atau ke kiri). Void Setup () { untuk menjalankan program hanya satu kali. Void loop (){ untuk menjalankan program berulang-ulang.

Void setup (){
pinMode (lampu, OUTPUT);
digitalWrite (lampu, HIGH);

Void loop (){
digitalWrite (lampu, HIGH);
delay (1000);
digitalWrite (lampu,LOW);
delay (1500);

HIGH, untuk lampu menyala
LOW, untuk lampu mati

Setelah selesai memaparkan materi, kegiatan dilanjutkan dengan mempraktikkan cara kerja robot tersebut menggunakan Arduino IDE dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Dini Rizqi Lestari, APMP.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.