Training Of Trainer kali ini membahas mengenai “Penulisan Karya Tulis Ilmiah” yang dibawakan oleh pembicara kita, yaitu  Agustiani Putri, APMM, APMK. Kegiatan TOT ini dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Maret 2018 bertempat di sekretariat KPM UNJ R.106. Kegiatan TOT ini dihadiri oleh 23  orang yang terdiri dari pengurus dan anggota KPM itu sendiri. Kegiatan TOT ini dimulai pada pukul 16.45 WIB dan selesai pukul 18.15 WIB.

 

Pertama-tama kegiatan ini dibuka oleh Arum Wulandari, APMP. Selanjutnya, pemaparan materi oleh saudari Agustiani Putri, APMM, APMK. Sebelum pembicara memaparkan materi, diberikan tiga soal pre-test terlebih dahulu. Lalu, pembicara menjelaskan tentang karya tulis,  bahwa karya tulis itu dibagi menjadi dua, yaitu Fiksi (contohnya novel dan cerpen) dan Non Fiksi (contohnya essai dan proposal penelitian).

Setelah itu, pembicara menjelaskan tentang karya tulis ilmiah beserta isi perbab-nya. Pertama ialah bab satu yang berisi judul, latar belakang, kerangka berpikir, tujuan penelitian, dan kegunaan penelitian. Judul harus memiliki singkatan yang unik, nama yang menarik, jelas, padat, ringkas, dan representatif dari isi KTI. Di dalam latar belakang selain berisi data kualitatif juga harus didukung dengan data kuantitatif, urgensi masalah, fakta/teori, dan jenis paragrafnya dari umum ke khusus.

Bab dua berisi konsep yang di perkuat melalui studi pustaka atau teori, studi banding, solusi sebelumnya dan penelitian yang relevan. Bab tiga (analisis dan sintesis) berisi sasaran, lokasi dana, waktu pelaksanaan penelitian dan program yang digunakan dalam penelitian tersebut. Bab empat berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan lebih baik berbentuk paragraf daripada poin per poin. Terakhir daftar pustaka, untuk ini bisa menggunakan aplikasi Mendelay.

“Karya tulis ilmiah berupa gagasan harus memiliki keunggulan tersendiri (memiliki sisi yang  berbeda dari penelitian yang telah ada).”

Setelah pemaparan selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, lalu diberikan soal post test yang sama seperti soal pre-test sebelumnya. Di akhir acara, ada pemberian sertifikat yang diberikan oleh saudari Nurmala Sagita Suryadi, APMM kepada pembicara yaitu Agustiani Putri, APMM, APMK. Kegiatan TOT ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Arum Wulandari, APMP.

Categories: press release

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *