Training Of Trainer (TOT) kali ini membahas mengenai “Pelatihan Essai”. Pembahasan materi dipaparkan oleh pembicara kita, yaitu  Popi Rahayu, APMM. Kegiatan TOT ini dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Maret 2018 bertempat di sekretariat KPM UNJ R.106. Kegiatan TOT ini dihadiri oleh 25 orang yang terdiri dari pengurus dan anggota KPM serta mahasiswa dari luar KPM. Kegiatan TOT ini dimulai pada pukul 16.00 WIB dan selesai pukul 17.30 WIB.

Pertama-tama kegiatan ini dibuka oleh saudari Anisa Fitria, APMP. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh saudari Popi Rahayu, APMM. Essai merupakan karangan prosa yang membahas suatu masalah. Karakteristik essai yakni berbentuk prosa, singkat, memiliki gaya bahasa yang berbeda, memenuhi keutuhan penulis, dan ditulis dengan cara naratif serta jelas.

Tujuan pembuatan essai, yaitu  melakukan eksplorasi atas respon individu terhadap suatu peristiwa, mengajak pembaca untuk meyakini opini penulis, dan menjelaskan tentang bagaimana melakukan sesuatu. Struktur essai meliputi  cover, pendahuluan, isi, penutup (kesimpulan), dan daftar pustaka.

Langkah-langkah dalam menulis essai ;

  1. Menentukan permasalahan
  2. Menentukan ide
  3. Membuat kerangka essai
  4. Menulis essai

Setelah pemaparan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara TOT ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Anisa Fitria, APMP.

Categories: press release

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *