Training Of Trainer (TOT) kali ini membahas mengenai “Manajemen KIR”. Pembahasan terkait ini dipaparkan oleh pembicara kita, yaitu Agus Nur Hidayat, APMM. Kegiatan TOT ini dilaksanakan pada hari Kamis, 19 April 2018 bertempat di sekretariat KPM UNJ R.106. Kegiatan TOT ini dihadiri oleh 25 orang yang terdiri dari pengurus dan anggota KPM serta mahasiswa dari luar KPM. Kegiatan TOT ini dimulai pada pukul 16.00 WIB dan selesai pukul 18.00 WIB.

Pertama-tama kegiatan ini dibuka oleh saudari Anisa Fitria, APMP. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai “Manajemen KIR” oleh Agus Nur Hidayat, APMM. Sebelumnya pembicara menjelaskan apa itu Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) adalah sekelompok remaja sebagai agenda ekstrakulikuler yang melakukan serangkaian kegiatan terstruktur dan menghasilkan karya yang bersifat ilmiah. Adanya kegiatan KIR sebagai ekstrakurikuler sesuai dengan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.

Tujuan dibentuknya ekstrakurikuler KIR itu sendiri adalah sebagai suatu wadah untuk menampung, mengapresiasikan, mengembangkan dan menyalurkan segala potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik sebagai usaha untuk meningkatkan kreatifitas, pengalaman, dan kedisiplinan.

Berikut Manajemen KIR yg perlu diperhatikan :
– Manajemen Perencanaan
– Manajemen Pengorganisasian
– Manajemen Pelaksanaan
– Manajemen Evaluasi

Dalam mengaplikasikan KIR pada kelompok ekstrakulikuler perlu disusun Rancangan Pembelajaran KIR dari awal, berupa silabus materi KIR yang disesuaikan dengan tingkat peserta didik tertentu, baik SD, SMP, SMA/SMK.
Serta diadakan pembuatan Modul KIR agar kegiatan berjalan lebih terarah dan sesuai pada tujuan adanya KIR itu sendiri.

Setelah pemaparan selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta workshop sederhana pembuatan modul KIR dengan objek sekolah KIR disesuaikan baik untuk tingkat SD, SMP, maupun SMA/SMK. Selanjutnya, kegiatan TOT ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Anisa Fitria, APMP.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.