Training of Trainer kali ini membahas mengenai cara pembuatan roket air. Pembahasan materi dipaparkan oleh pembicara kita, yaitu Anggi Rachmad, S.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 26 Agustus 2018 bertempat di sekretariat KPM UNJ R.106 dan dihadiri oleh 17 orang yang terdiri dari pengurus maupun anggota KPM. Kegiatan dimulai pada pukul 13.30 WIB dan selesai pukul 16.00 WIB.

Pertama-tama kegiatan ini dibuka oleh saudari Dini Rizqi Lestari, APMP. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh saudara Anggi Rachmad, S.Pd. Berikut pembahasannya.

Roket merupakan alat yang dapat terbang dikarenakan adanya suatu gaya yang dihasilkan. Ada 3 tahapan roket, yaitu :
1. Sebelum terbang, pada kecepatan 0 gaya berat (w) menahan roket untuk tetap berada di bawah.
2. Saat dipompa ke dalam nozzel, air dan udara yang terkompresi mengakibatkan roket memiliki energi potensial terbang.
3. Ketika roket dilepas, energi potensial yang dimiliki roket berubah menjadi energi mekanik yang memberikan percepatan pada roket. Energi mekanik roket lebih besar nilainya daripada gaya berat yang menahan roket untuk tetap dibawah sehingga roket dapat melesat ke angkasa.

Alat dan bahan, serta cara kerja tertera pada file di bawah ini :
roket air sederhana

Setelah pemaparan materi selesai, peserta diarahkan untuk praktik langsung dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan diakhiri dengan penutupan doa yang dipandu oleh saudari Dini Rizqi Lestari, APMP.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.