Kamis (04/03/2021) pukul 16.00 WIB-17.00 WIB KPM UNJ telah melaksanakan kegiatan Ngopilah (Ngobrol Penelitian Ilmiah) yang merupakan salah satu program kerja dari divisi P2P. Berhubung situasi masih pandemi, kegiatan ini dilakukan secara daring via Zoom Cloud Meeting. Sasaran pada kegiatan ini adalah para pengurus serta anggota KPM UNJ.

Sudah genap satu tahun Indonesia terkena pandemi Covid-19. Banyak dampak negatif dari pandemi yang perlahan memperburuk kondisi Indonesia di segala aspek khususnya ekonomi. Covid-19 telah menjadi pemicu resesi ekonomi pada Indonesia. Hal tersebut berpengaruh pada penurunan keuntungan perusahaan-perusahaan di Indonesia yang berujung pada PHK besar-besaran. Selain itu, resesi ekonomi juga menyebabkan meningkatnya harga-harga komoditas dalam negeri yang kian mencekik para rakyat kecil.

Kita sebagai mahasiwa yang merupakan agent of change harus siap memulihkan kondisi ekonomi negara kita tercinta, yaitu negara Indonesia. Oleh sebab itu, pada kegiatan Ngopilah kali ini mengangkat tema Penggalian Ide pada Bidang Ekonomi dengan pembicara Triyana Iftasari, APMM. Pada kegiatan Ngopilah kali ini, kak Tri menjelaskan beberapa poin penting diantaranya cara mengkaji masalah dengan menyocokkan dengan teori yang ada, cara berpikir ilmiah yang baik, dan tentunya langkah-langkah menggali ide di bidang ekonomi.

Semoga para peserta Ngopilah bisa menyerap semua ilmu-ilmu yang telah disampaikan yang kemudian diaplikasikan ke sebuah penelitian yang menghasilkan inovasi ekonomi untuk Indonesia yang lebih baik.

Salam penelitian 🙌🏻

Link materi: bit.ly/MateriNgobrolPenelitianIlmiah

Penulis:

  1. Reza Yanu Ariyanti
  2. Elsa Avrillia Putri

Publisher: Hadi Suseno


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.