Pada hari Jumat, 26 April 2024 pukul 16.00 WIB sampai dengan selesai, telah dilaksanakan agenda TOT #4 di Zoom Meeting. Training Of Trainer #4 yang bertemakan ”Pelatihan Pembuatan Artikel Ilmiah” menghadirkan Imam Safir Alwan Nurza S.Si sebagai pembicara.

TOT #4 dihadiri oleh peserta yang berjumlah 50 orang. Kegiatan ini dimulai dengan dengan pembukaan MC, kemudian dilanjutkan moderator. Pemaparan materi dilakukan oleh Kak Imam dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator, dan penutupan yang dipandu oleh MC.

Pada TOT #4, kak Imam membahas Artikel ilmiah adalah tulisan yang disusun dengan konsep ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun gagasan.

Tujuan artikel ilmiah, yaitu:

  1. Memaparkan hasil penelitian/temuan
  2. Menyediakan informasi terbaru terkait topik yang dibahas/diteliti
  3. Mendorong penelitian lanjutan dan pengembangan pengetahuan
  4. Meningkatkan kekayaan intelektual
  5. Memberikan landasan ilmiah
  6. Mempublikasikan pengetahuan/informasi ilmiah kepada masyarakat
  7. Membangun kredibilitas akademis bagi peneliti

Sistematika artikel ilmiah, yaitu:

  1. Judul, nama penulis, instansi, dan email
    Pada bagian diatas dalam beberapa artikel, berbagai macam penulisan digunakan. Ada yang menempatkan judul, nama, dan instansi langsung di bagian atas, sementara email ditulis di bagian akhir atau dekat dengan abstrak. Namun, ada juga yang menempatkan email di bawah instansi, tergantung pada format tempat publikasi yang digunakan.
  2. Abstrak
    Abstrak dalam artikel juga memiliki variasi yang beragam. Ada yang dipisahkan menjadi bagian tersendiri dan ada pula yang disusun dalam bentuk paragraf. Selain itu, penggunaan bahasa juga dapat bervariasi, tidak hanya terbatas pada bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
  3. Pendahulan
    Pendahuluan adalah bagian yang sangat penting, karena di sini akan dijelaskan mengenai apa yang akan diteliti. Selain itu, pendahuluan juga harus memiliki keterkaitan yang jelas di setiap paragrafnya.
  4. Metode penelitian
    Bagian ini secara umum berisi waktu dan tempat, alat dan bahan, metode yang digunakan, populasi dan sampel, teknik pengambilan/pengumpulan data, dan analisis data.
  5. Hasil dan Pembahasan
    Biasanya berisi ada yg modelnya hasil baru pembahasan dan ada juga yang keduanya.
  6. Kesimpulan
    Kesimpulan adalah bagian penting dari sebuah artikel ilmiah secara keseluruhan, karena di dalamnya disampaikan jawaban terhadap tujuan penelitian.
  7. Ucapan terima kasih, funding, kontribusi
    Ini biasanya bersifat opsional. Meskipun opsional, menjadi penting dalam beberapa jurnal dan artikel karena memperlihatkan siapa yang mendukung penelitian ini.
  8. Referensi
    Bagian ini berisi sumber-sumber yang digunakan dalam artikel. Setiap jurnal dapat mengadopsi gaya penulisan yang berbeda-beda, seperti gaya APPA, Harvard, MLA, dan lain sebagainya.

Salam Penelitian!

Penulis : Angelia Nurvianti Puspita
Publisher : Angelia Nurvianti Puspita


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.