Pada hari Jumat, 18 Juni 2021 telah dilaksanakan agenda Training of Trainer (ToT) #5 bersama Siti Nur Rachmawati, APMM sebagai pembicara yang menyampaikan materi tentang video animasi dengan Adobe Animate dengan jumlah peserta 21.

Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar. Tujuan Animasi adalah: 

  1. Menjelaskan konsep yang sulit (misalnya penyerapan makanan ke dalam aliran darah atau bagaimana elektron bergerak untuk menghasilkan
  2. Menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkrit (misalnya menjelaskan tegangan arus bolak balik dengan bantuan animasi garfik sinus yang bergerak).
  3. Menunjukkan dengan jelas suatu langkah prosedural (misalnya cara melukis suatu segitiga sama sisi dengan bantuan jangka).
  4. Menunjukkan ide pada suatu obyek (misalnya efek gravitasi pada suatu obyek).

Adobe Animate adalah software multimedia yang berguna untuk membuat animasi, dulunya program ini dinamakan Adobe Flash dari Adobe Systems. Adobe Animate merupakan pembaruan dari versi-versi sebelumnya. Adobe Animate digunakan untuk membuat rancangan grafik vektor dan animasi untuk proyek televisi, video online, situs web, aplikasi web, aplikasi internet, bahkan ke dalam permainan video. 

Selain itu, program ini juga mendukung grafik raster, teks, embedding audio dan video, dan Action Script. Kelebihan Adobe Animate Integrasi penuh dengan Creative Cloud. Memfasilitasi beragam format. Menerima dukungan penuh dari berbagai pihak, karena termasuk teknologi animasi web terpopuler. Dapat ditampilkan ke berbagai media seperti, DVD, CD-ROM, Web, Televisi, PDA, dan Smartphone. Dukungan ActionScript. Kekurangan Adobe Animate Sulit untuk dinavigasi. Beberapa menu kurang familier (tidak user friendly). Proyek grafik 3D Kurang mumpuni. Kurangnya template di dalam software. Beberapa fitur di Adobe Animate: 

  1. Assets Panel (Panel Aset). Fitur panel aset akan membantu dalam menemukan, mengatur, dan mengelola aset dalam tab Default dan Custom baru. 
  2. Social Share. Proyek animasi yang sudah dikerjakan mudah dibagikan ke media sosial dalam saluran YouTube. Dapat menambahkan judul, deskripsi, hashtag, dan kemudian klik Share untuk membuat atau mengunggah video di YouTube. 
  3. Quick Publish. Memberikan kemudahan untuk mem Publish animasi ke dalam bentuk video, Animated GIF, kanvas HTML5 dengan opsi Quick Publish. Fitur ini dapat digunakan pada menu File » Export (video dan animasi GIF) atau menu File » Publish Settings (HTML canvas file).
  4. Timeline and symbol enchancements. Pada fitur ini terdapat beberapa poin fitur yang bisa dipelajari di antaranya: Customize Timeline Tools, untuk menambah atau menghapus pilihan pada panel timeline. Convert Layers to Symbols, memungkinkan untuk meng-konvert layer pada timeline to symbols dengan hanya dua klik. Break Apart Symbol to Layers, merupakan opsi baru yang akan memecahkan berbagai instance simbol di dalam stage (lembar kerja) dengan struktur lapisannya. Reverse play and loop support for Graphic Symbols, memungkinkan untuk memutar grafis simbol secara terbalik. Copy paste Tween Settings, Opsi tween baru untuk pengaturan tween, menyalin, menempel, atau reset pengaturan tween menggunakan tab Frame pada panel properti. 
  5. Advanced rigging (Rigging Lanjutan – Beta). Pada fitur rigging akan membantu dengan cepat untuk menghubungkan bagian tubuh karakter. Fitur ini juga membantu dalam mengontrol gerakan setiap tubuh karakter satu sama lainnya. Gunakanlah panel Pemetaan Rig untuk membuat pemetaan rigging secara manual dengan bagian bodi karakter yang sesuai. 
  6. Penambahan Fitur lainnya Windows Ink support. Dengan mode tablet Windows Ink yang telah ditingkatkan, memudahkan pengguna untuk membuat goresan dengan tekanan yang sensitivitas di Surface Pro dan tablet lainnya. Bone tool enhancements. Fitur ini akan memberikan kontrol gerakan pada objek di akhir node daun dengan tambahan batasan menggunakan tab Objek dari panel properti. Selain itu juga dapat membagi rentang armature menjadi beberapa rentang atau menggabungkan rentang armature jika karakter yang diciptakan memiliki jumlah node yang sama.

Teman-teman dapat mempelajari kembali materi ToT #5 melalui link berikut ini👇👇👇

Link Youtube : https://youtu.be/8C49jb1ITvw

 “Dia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan.” – Napoleon Hill

Semoga bermanfaat🌻

Salam penelitian🖐🏻

Penulis            : Reza Yanu Ariyanti

Publisher        : Hadi Suseno


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.