IDEA Talks 5 diadakan pada Jum’at 11 maret 2022 pukul 15.45 WIB yang mana berjudul : “Research Life 101: how to discover your idea and make an excellence research”.

Acara ini dimoderatori oleh saudari Peralihan Pertiwi Idea Goesvita dengan pemateri yaitu saudari Agustiani Putri, S.Pd.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Muhammad Syahril Sabda kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Pelaksana IDEA #5 yaitu Muhammad Sadam. Acar dilanjutkan dengan Sambutan Ketua Umum KPM 2022 yaitu Muhammad Rizky Wafyan serta taklupa sambutan dari Wakil Rektor III yaitu bapak Taryudi, Ph.D.

Lalu Acara diis dengan pengenalan pemateri & moderator melalui pembacaan CV. Selanjutnya, Acara diisi dengan materi Research Life 101: how to discover your idea and make an excellence research.

Ka Agustiani memaparkan mengenai pentingnya atau urgensinya sebuah permasalahan dimana sebelum masuk kedalam penelitian perlu mengindentifikasi permasalahan untuk dapat membuat suatu penelitian yang baik. Selain dari pengindentifikasian masalah, penting untuk mengetahui metode-metode ilmiah yang sistematis, tentunya didasari oleh data serta fakta. Penelitian dibuat untuk berkontribusi dalam artian ikut membangun lingkungan minimal lingkungan sekitar. Research yang dibuat juga perlu untuk dipublish karena dengan menulis dan mengpublish research sendiri dapat meningkatkan kapabilitas diri, mendapatkan hak kekayaan intelektual, dan dapat membuat sebuah produk karya hingga mendapatkan beasiswa dan hal-hal lainnya.
Penggalian ide penelitian sendiri didapatkan dari berbagai hal seperti dipacu dengan mengembangkan 5W+1H, melihat situasi kondisi sekitar, hasil penelitian lain, seminar, dan masih banyak lagi. pada penciptaan ide kreatif terdapat beberapa teknik seperti brainstorming, focus group, dan penggunaan sumber library serta internet.

Kak Agustiani juga menekankan tentang pelanggaran etis yang harus diwaspadai, diantaranya Fabrication (menciptakan data buatan tanpa pengumpulan data), Falsification (memanipulasi bahan, peralatan, proses, mengubah, menghilangkan data sehingga hasil tidak akurat), Plagiarism (menggunakan sumber pandangan oranglain tanpa mencantumkan sumber karya nya), Kepengarangan tidak sah (menggabungkan diri tanpa ada kontribusi, menghilangkan nama untuk tidak berkontribusi).

Kak agustiani pun tidak lupa untuk memberikan kunci sukses dalam penelitian yaitu state of the art, fokus kepada masalah, metode riset, kualitas data, dan kualitas luaran. kak Agustiani pun memberikan sebuah kalimat dimana semakin banyak menulis dan membaca, tentunya akan membuat kualitas diri meningkat. Jadi semangat terus dalam menulis!

Acara dilanjutkan pembacaan kesimpulan oleh moderator serta diisi dengan Kuis Berhadiah. Kemudian sesi penyerhan seetifikat pembicara dan Moderator.

Terakhir yaitu sesi doumentasi dan Penutupan oleh MC Syahril Sabda


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.