Pada hari Minggu, 17 Maret 2024 pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, telah dilaksanakan agenda Idea Talks di Zoom Meetings. Idea Talks merupakan kegiatan webinar keilmiahan sebagai penghantar Idea #7 . Idea talks yang bertemakan “Exploring the Research World : Conquering Challenges and Finding Inspiration in the Research Realm Around You”

Idea Talks dihadiri oleh peserta dari Mahasiswa umum yang berjumlah 103 orang. Kegiatan ini dimulai dengan dengan pembukaan oleh Avifah Putri Pradini, APMM selaku MC, kemudian dilanjutkan ke Anisa Widya Safira, APMM selaku moderator. Pemaparan materi dilakukan oleh Gilang Setiawan, S.Pd dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator, dan penutupan yang dipandu oleh MC.

Pada Idea Talks, Gilang Setiawan, S.Pd yang merupakan Mawapres UIN Sunan Gunung Djati tahun 2021-2022 membahas Penelitian merupakan suatu teknik yang digunakan sebelum mengambil keputusan dan mencari solusi dari permasalahan yang ada di sekitar. Banyak manfaat yang dapat diambil dari penelitian. Seorang peneliti ibarat penjelajah yang berani berlayar untuk mencari jawaban atas berbagai pertanyaan dan permasalahan yang ada. Namun dalam penelitian juga terdapat tantangan yang harus dihadapi, seperti banyaknya permasalahan yang kompleks, banyak hal yang harus dikorbankan, dan lain-lain. Untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada, banyak hal yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan kekuatan kolaborasi, management waktu dan tenaga, dan lain sebagainya. Untuk memulai penelitian, perlu adanya penggalian ide atau inspirasi. Ide tersebut bisa didapatkan melalui literasi,pengamatan, dan pengalaman. Peneliti juga perlu meningkatkan minat dan motivasi agar semangatnya tidak mudah pudar. Salah satunya dengan memperbaiki koneksi. Selain itu mengelaborasikan minat dan habit dan lain sebagainya.

Literasi adalah komponen penting dalam penelitian untuk memahami konteks penelitian dan mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan. Selain itu dalam penelitian juga perlu menganalisis keterbatasan penelitian, kesamaan dan perbedaan, serta ejaan yang jelas dan ringkas. Ketika sudah dapat merancang dari menganalisis bacaan dan menulisnya secara ilmiah, maka beranikan diri untuk mengikuti berbagai perlombaan ilmiah. Rancangan penelitian yang dibuat juga perlu memfokuskan solusi permasalahan dan menganalisis perkembangan kedepannya, sehingga penelitian terstruktur dan tidak berhenti sampai saat itu dan satu hal yang tak kalah penting dalam perlombaan ilmiah yaitu skill public speaking, karena penentuan juara dilihat dari cara penyampaian penelitian tersebut. Tentunya dalam melakukan penelitian juga tidak hanya modal tekad, namun peneliti juga perlu membuat prioritas untuk menyeimbangkannya sehingga goals dapat tercapai secara optimal.

Idea Talks dapat ditonton kembali di YouTube Kelompok Peneliti Muda UNJ pada link berikut:
https://bit.ly/IdeaTalks7

Salam penelitian!

Penulis: Nisrina Khairani

Publisher: Anggi Nofita Rahayu


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.