Pada hari Jumat, 8 Maret 2024 pukul 19.00 WIB sampai dengan selesai, telah dilaksanakan agenda Nalari 1 di Zoom Meetings. Nalari 1 merupakan kegiatan belajar tentang penelitian, keorganisasian, kesektariatan, dan teknik persidangan. Nalari 1 yang bertemakan “Keorganisasian dan Kesekretariatan” menghadirkan Yusuf Niko Fitranto, APMM dan Handrian Wibisono, APMM sebagai pembicara.

Nalari 1 dihadiri oleh peserta dari KPM UNJ yang berjumlah 69 orang. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh Muthia Halina, APMP selaku MC, kemudian dilanjutkan ke M. Qotrunnada Mursidan, APMM selaku moderator. Pemaparan materi dilakukan oleh Niko Fitranto, APMM dan Handrian Wibisono, APMM, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator, dan penutupan yang dipandu oleh MC.

Pada Nalari 1, Niko Fitranto, APMM membahas keorganisasian. Organisasi adalah sebuah entitas yang terdiri dari individu-individu yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam sebuah organisasi, terdapat struktur yang terdiri dari anggota-anggota, program kerja yang terdefinisi dengan baik, prosedur operasional, dan daftar anggota yang terperinci. Organisasi dapat memiliki berbagai jenis dan bentuk yang berbeda. Contoh organisasi mahasiswa di lingkungan UNJ, misalnya, adalah BEM, BPM, UKM, KPM, dan sejenisnya.

Handrian Wibisono, APMM memaparkan bahwa kesekretariatan adalah bagian dari sebuah organisasi yang bertanggung jawab dalam melakukan kegiatan administratif, pengarsipan, dan memberikan bantuan lainnya. Kesekretariatan juga merujuk pada sifat atau aktivitas kerja dari seorang sekretaris. Dalam rangka menjaga organisasi agar teratur dan berjalan dengan sistematis, kesekretariatan yang efisien dan terorganisir dengan baik sangatlah penting.

Nalari 1 dapat ditonton kembali di YouTube Kelompok Peneliti Muda UNJ pada link berikut:
https://www.youtube.com/live/zkVPf2gbdKk?si=9276AHQlqhQnRM31

Salam penelitian!

Penulis: Anggi Nofita Rahayu

Publisher: Anggi Nofita Rahayu


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.