Pada hari Rabu, 27 Maret 2024 pukul 15.00 WIB sampai dengan selesai, telah dilaksanakan agenda Nalari 2 di Zoom Meetings. Nalari 2 merupakan kegiatan belajar tentang sebuah penelitian, keorganisasian, kesektariatan dan teknik persidangan. Nalari 2 yang bertemakan “Penelitian Kualitatif” menghadirkan Lif Ahmad Rifai, S.Pd sebagai pembicara.

Nalari dihadiri oleh peserta dari umum yang berjumlah 51 orang. Kegiatan ini dimulai dengan dengan pembukaan oleh Nara Abdullah, APMP selaku MC, kemudian dilanjutkan ke Shofiatul Zahra, APMM selaku moderator. Pemaparan materi dilakukan oleh Iif Ahmad Rifai, S.Pd, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator, dan penutupan yang dipandu oleh MC.

Pada Nalari 1, Iif Ahmad Rifai, S.Pd membahas mengenai Penelitian Kualitatif yang memiliki cara pandang yang berbeda yaitu cara pandang subjektif tidak bisa dijadikan objektif, Tidak bisa diukur dan tidak bisa dijadikan untuk memprediksi. Dalam penelitian kualitatif pencarian ide atau masalah bisa didapatkan dengan banyak membaca dan peka terhadap realitas

Penelitian kualitatif memiliki beberapa jenis diantaranya,

  • Studi Fenomologi : Merujuk pada chreswell studi fenomenologi merupakan satu studi yang berusaha mencari esensi atau makna dari suatu pengalaman yang dialami beberapa individu
  • Studi kasus = menelaah sebuah kasus unik, dalam sebuah kasus atau setting kehidupan nyata secara mendalam
  • Entongrafi = Studi yang meneliti suatu kelompok masyarakat untuk menemukan pola komunikasi
  • Grounded Theory = peneliti membentuk suatu penjelasan umum (teori) dari suatu proses, tindakan, atau interaksi yang dibentuk oleh sudut pandang pemikiran dari partisipan dalam jumlah yang banyak.

Dalam pengumpulan data, Penelitian Kualitatif bisa menggunakan metode wawancara, observasi, reflektif jurnal dan analisis dokumen. Kemudian cara analisis data nya bisa dengan reduksi, display, conclusion drawing. Dalam penulisan nya pun, penelitian kualitatif memiliki etika yang harus di perhatikan yaitu Partisipan tidak merasa terintimidasi, menyetujui pengambilan data dan terjaga kerahasiaan data identitas nya.

Nalari 1 dapat ditonton kembali di YouTube Kelompok Peneliti Muda UNJ pada link berikut:
https://www.youtube.com/live/74tE0iQgWRE?si=pW52iyvBVflsKWoV

Salam penelitian!

Penulis: Ghaitsa Qurrata Aini

Publisher: Anggi Nofita Rahayu


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.