Pada hari Jumat, 24Mei 2024 pukul 16.00 WIB sampai dengan selesai, telah dilaksanakan agenda Nalari 5 di Zoom Meetings. Nalari 5 merupakan kegiatan belajar tentang sebuah penelitian, keorganisasian, kesektariatan dan teknik persidangan. Nalari 5 yang bertemakan “Penelitian Eksperimen” menghadirkan Chika Shafa Maura, APMM sebagai pembicara.

Nalari dihadiri oleh peserta dari mahasiswa yang berjumlah 49 orang. Kegiatan ini dimulai dengan dengan pembukaan oleh Anisa Dwi Handayani, APMP selaku MC, kemudian dilanjutkan ke Muthia Halina Khairiyah Tarigan, APMP selaku moderator. Pemaparan materi dilakukan oleh Muhammad Wildan Ramadhan, APMM dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator dan penutupan yang dipandu oleh MC.

Pada Nalari 5,Chika Shafa Maura, APMM membahas mengenai Penelitian eksperimen adalah penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan terhadap sampel penelitian guna mempengaruhi variabel terikat. Penelitian eksperimen bertujuan untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian.

Karakteristik Penelitian
Eksperimen terdapat 3 yakni:

  • Manipulasi verbal
  • Mengontrol variabel
  • Melakukan observasi.

Syarat dari penelitian eksperimen salah satunya adalah harus dapat memanipulasi variabel. Prosedur Penelitian Eksperimen dimulai dari memilih dan merumuskan masalah hingga melaksanakan prosedur, menganalisis data, dan merumuskan kesimpulan.

Kemudian, terdapat Desain Penelitian Eksperimen, yakni

  • Pre Experimental
  • True Experimental
  • Factorial Experimental
  • Quasi Experimental

Dalam penelitian eksperimen juga terkadang terdapat kesalahan umum yang dapat terjadi, seperti tidak dapat mengontrol variabel-variabel lain di luar variabel penelitian dan kasus yang diteliti terlalu sedikit.

Nalari 5 dapat ditonton kembali di YouTube Kelompok Peneliti Muda UNJ pada link berikut:
https://www.youtube.com/live/xfl2wdRhrkY?si=ia-TUgqQ022LMOJq

Salam penelitian!

Penulis: Bryan Louis Sutanto

Publisher: Anggi Nofita Rahayu


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.