PRESS RELEASE NGOPILAH 1 2024

Pada hari Jumat, 1 Maret 2024 pukul 20.00 WIB sampai dengan selesai, telah dilaksanakan agenda Ngopilah 1 di Zoom Meeting. Ngopilah merupakan kegiatan berbagi pengetahuan dan tips seputar penelitian di berbagai bidang. Ngopilah 1 dihadiri oleh peserta dari KPM UNJ yang berjumlah 43 orang. Kegiatan ini dimulai dengan dengan pembukaan oleh Shinda Salsabila, APMP sebagai moderator. Pemaparan materi dilakukan oleh Harist Ikbar, APMM, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator, dan penutupan yang dipandu oleh MC.

Ngopilah 1 menghadirkan tema ekonomi dengan pembicara Kak Harits Ikbar, APMM, seorang mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang berpengalaman di bidang start up. Kak Harits berbagi pengetahuan dan tips seputar penelitian di bidang ekonomi.

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari proses produksi, konsumsi, dan perdagangan barang atau jasa. Dalam acara Ngopilah 1, Kak Harits memaparkan fakta menarik tentang pemasaran yang seringkali tidak disadari, seperti berikut ini.

  • Penggunaan logo warna merah oleh banyak restoran karena warna merah dianggap mencolok dan dapat membangkitkan semangat serta meningkatkan rasa lapar.
  • Toko memutar musik atau lagu untuk mempengaruhi perilaku konsumen, seperti mengurangi perasaan frustasi dan menciptakan lingkungan positif.

Kak Harits juga menjelaskan bahwa ada empat elemen utama dalam penelitian ekonomi: Keuangan, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, dan Wirausaha. Penelitian dalam bidang ekonomi dapat dilakukan melalui psikologi marketing dan pengamatan perilaku konsumen. Psikologi marketing membuat konsumen tidak sadar bahwa dirinya sedang berada di bawah pengaruh suatu perusahaan untuk membeli produknya. Perilaku konsumen sendiri adalah tindakan masyarakat yang telah diprediksi oleh perusahaan, seperti mempertimbangkan kualitas dan harga suatu produk.

Dengan demikian, penelitian ekonomi dapat membantu kita memahami lebih baik tentang bagaimana perilaku konsumen dan strategi pemasaran mempengaruhi ekonomi.

Salam penelitian!

Penulis: Anggi Nofita Rahayu
Penerbit: Angelia Nurvianti Puspita


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.