Pada hari Minggu, 10 Maret 2024 pukul 15.45 WIB sampai dengan selesai, telah dilaksanakan agenda Ngopilah 2 di Zoom Meetings. Ngopilah atau Ngobrol Penelitian Ilmiah merupakan kegiatan berbagi pengetahuan dan tips seputar penelitian di berbagai bidang. Ngopilah 2 yang bertemakan “Penggalian Ide Bidang Sains” menghadirkan Muhammad Fadillah, APMM sebagai pembicara.

Ngopilah dihadiri oleh peserta dari KPM UNJ yang berjumlah 33 orang. Kegiatan ini dimulai dengan dengan pembukaan oleh Amanda Nurifa, APMP selaku MC, kemudian dilanjutkan ke Muhammad Ilham, APMP selaku moderator. Pemaparan materi dilakukan oleh Muhammad Fadillah, APMM, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator, dan penutupan yang dipandu oleh MC.

Sains adalah bidang pengetahuan yang mempelajari fenomena fisik dan alamiah serta melibatkan pengamatan yang tidak bias dan eksperimen sistematis. Dalam sains, kita mencari pengetahuan yang mencakup kebenaran umum dan operasi hukum-hukum dasar.

Ada dua jenis sains, yaitu sains sosial yang berkaitan dengan kehidupan sosial dan sains alam yang berkaitan dengan cabang ilmu seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi.

Penelitian sains dimulai dengan mengembangkan ide. Ide ini bisa berawal dari permasalahan yang ada di masyarakat dan dapat dicari solusinya melalui pencarian data di internet. Setelah itu, peneliti akan mencari solusi dari permasalahan yang diangkat.

Dalam melakukan penelitian sains, ada 4 unsur yang harus dipenuhi, yaitu SMART.

  • S (Specific): Penelitian harus berfokus pada satu hal yang spesifik.
  • M (Measurable): Penelitian harus dapat diukur dan tidak abstrak.
  • A (Acceptable): Ide yang dikembangkan harus masuk akal dan diterima oleh masyarakat, dengan mempertimbangkan aspek kehidupan masyarakat dan alam sekitar.
  • R (Realistic): Ide yang didapatkan harus memungkinkan untuk diwujudkan.
  • T (Time Boom): Jangka waktu penelitian juga perlu dipertimbangkan.

Dengan memenuhi unsur-unsur ini, penelitian sains dapat dilakukan dengan baik dan menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena alam.

Salam penelitian!

Penulis: Anggi Nofita Rahayu

Publisher: Anggi Nofita Rahayu


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.