[Press Release NGOPILAH #3: Ngobrol Penelitian Ilmiah Bidang Teknologi]

Sabtu (16/03/2024) pukul 10.00 WIB – 11.40 WIB, KPM UNJ telah melaksanakan kegiatan NGOPILAH #3: Ngobrol Penelitian Ilmiah Bidang Teknologi yang menjadi salah satu program kerja dari divisi P2P. Kegiatan NGOPILAH #3 dilaksanakan secara online via Zoom Meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh 35 orang peserta yang terdiri dari Pengurus dan Anggota KPM UNJ serta Umum.

NGOPILAH #3 ini mengangkat topik penggalian ide Penelitian Ilmiah pada Bidang Teknologi, tentunya dengan pembicara yang hebat di bidangnya, yakni Kak Muhammad Wildan Ramadhan, APMM. Dalam NGOPILAH #3 ini, Kak Wildan menjelaskan mengenai apa itu Teknologi, Sejarah Teknologi, Teknologi Pendidikan, dan Tahapan Penggalian Ide di Bidang Teknologi.

Teknologi dapat diartikan sebagai alat yang memudahkan kehidupan kita dan harus digunakan dengan sebaik-baiknya.
Semakin lama teknologi semakin berkembang, sejak 3,5 juta tahun yang lalu, dimulai dari penggunaan api untuk memasak, sampai akhirnya ditemukan teknologi pertanian, percetakan kertas, dan sebagainya. Akhir-akhir ini teknologi berkembang sangat pesat, bahkan manusia telah mampu menciptakan pesawat terbang dan mendarat di bulan.
Teknologi di bidang pendidikan dimulai dari ditemukannya lukisan di dinding gua, ditemukannya rumus, manuskrip transkrip, hingga akhirnya ditemukan komputer dan teknologi digital yang semakin mempermudah pembelajaran, beberapa diantaranya adalah perpustakaan online, LMS, Augmented reality, teleconference, bahkan assistive technology untuk anak-anak berkebutuhan khusus, seperti disleksia, buta, dan gangguan bicara.
Tahapan penggalian ide di bidang teknologi:

  1. Kenali permasalahan sekitar
  2. Update teknologi terkini
  3. Update hasil riset
  4. Perbanyak diskusi

Semoga ilmu yang Kak Wildan bagikan dapat bermanfaat.

Salam Penelitian

Penulis = Karina

Publisher = Angelia Nurvianti


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.