Minggu (26/06/2022) pukul 16.00 WIB-Selesai KPM UNJ telah melaksanakan kegiatan StudyOn Seri Kesatu yang merupakan salah satu program kerja dari divisi PSDA. StudyOn (Study Online) adalah kegiatan belajar online mengenai isu yang hangat di kalangan intelektual muda yang menghadirkan pembicara yang relevan dan hebat dibidangnya. Pada StudyOn satu membahas β€œMental Health di Kalangan Mahasiswa” yang dilaksanakan di Zoom Cloud Meeting. Pembukaan oleh MC yaitu Azritamara Shalsadila dan dilanjutkan oleh Moderator yaitu Ahmad Rizky Farhan.
Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh Azritamara Shalsadila selaku MC, kemudian acara diserahkan kepada Ahmad Rizky Farhan selaku Moderator, lalu pemaparan materi oleh Devara A Zuswana, dan dilanjutkan sesi sharing/diskusi, tanya jawab dan penutup. Peserta yang mengikuti kegiatan StudyOn ini membuat resume dari materi yang disampaikan.

Materi yang disampaikan oleh Devara A Zuswana meliputi: Definisi Mental Health; Membahas Three-Os yaitu sebuah istilah yang dirangkum dari pengalaman yang mungkin dirasakan ketika seseorang menolak untuk menceritakan tentang diri sendiri, yang akhirnya dipendam sendiri. Three-Os terdiri dari: Overwork yaitu mengerjakan sesuatu diluar kapasitas atau kekuatan, Overwhelm yaitu: Emotionally overwhelmed adalah suatu kondisi dimana seseorang dilanda oleh emosi intens yang sulit dikelola, Oh, no I’m alone! yaitu sulitnya mengelola perasaan yang intens, membuat kalian berpikir bahwa hal ini tidak seharusnya dibagikan ke orang lain. Akhirnya dipendam sendiri; dan membahas tentang dampak Three-Os diantaranya yaitu: Rasa lelah berkepanjangan, Stres, Menurunnya Produktivitas, dan Depresi.

Kemudian ada tips terkait How to manage yourself when things are out of your control: 1. Buat jadwal teratur, 2. Temukan hal yang menyenangkan, 3. Build your support system, 4. Know what you’re feeling at the moment is valid. Lalu, Waktu terbaik untuk minta bantuan profesional? 1. Ketika sulit untuk mengatur emosi, 2. Performa belajar yang tidak efektif, 3. Perubahan signifikan pada kebiasaan, 4. Sulit untuk membangun dan menjaga hubungan, 5. Sulit menikmati hal yang mebuat kamu senang, 6. Semua hal tersebut memengaruhi kesehatan fisik.
Kegiatan berjalan lancar dengan adanya peserta yang aktif diskusi dan sharing. Akhir dari kegiatan ini ditutup dengan Moderator dan MC.

Salam penelitian πŸ™ŒπŸ»


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.