Pada hari Jumat, 22 Maret 2024 pukul 16.00 WIB sampai dengan selesai, telah dilaksanakan agenda TOT #2 di Zoom Meeting. TOT merupakan Training Of Trainer. Training Of Trainer #2 yang bertemakan ” Sosialisasi KIR” menghadirkan Putri Rachman Fatsya sebagai pembicara.

TOT #2 dihadiri oleh peserta yang berjumlah 50 orang. Kegiatan ini dimulai dengan dengan pembukaan MC, kemudian dilanjutkan moderator. Pemaparan materi dilakukan oleh Putri Rachman Fatsya. dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator, dan penutupan yang dipandu oleh MC.

Pada TOT #2, kak Putri membahas Sosialisasi KIR.
KIR adalah singkatan dari Kelompok Ilmiah Remaja merupakan grup atau kelompok para remaja yang berminat pada ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam pengembangannya kelompok ini dibentuk melalui wadah institusi formal, yaitu sekolah-sekolah. Tujuan KIR diantaranya, yaitu:

  • meningkatkan pengetahuan dan kreativitas siswa
  • meningkatkan rasa ingin tahu siswa
  • meningkatkan kesadaran, disiplin, dan menguasai IPTEK
  • merangsang remaja untuk mengimplementasikan metode,teknik
    serta prosedur ilmiah.
    Manfaat KIR, yaitu:
  • meningkatkan daya nalar dan kreasi
  • menambah wawasan IPTEK
  • Mengembangkitkan rasa ingin tahu
    KIR biasanya dari tingkat SD, SMP/MTS Sederajat, SMA/MA Sederajat. Kegiatan KIR tidak selalu fokus pada eksperimen tetapi ada juga pelatihan KTI, studi banding, fieldtrip, rekrutmen anggota, lomba, dan kegiatan lainnya. Komponen pendukung KIR ada modul atau bahan ajar, silabus, dan alat dan bahan. Manajemen ekskuk kir ada 3, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jika ingin menjadi fasilitator tidka hanya karena memiliki banyak pengalaman dan dari MIPA tetapi yang terpenting kemauan diri.

TOT #2 dapat ditonton kembali di YouTube Kelompok Peneliti Muda UNJ pada link berikut: https://youtu.be/hv5vEaTOrz8?si=VtzXGgwza_a1vTmW

Salam penelitian!

Penulis : Angelia Nurvianti Puspita
Publisher : Angelia Nurvianti Puspita


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.