Pada hari Sabtu, 03 Juni 2023 telah dilaksanakan agenda Training of Trainer (ToT) #5 bersama Hegga Herawati, APMM sebagai pembicara yang menyampaikan materi tentang Microteaching.

Microteaching menurut As. Glicman (1991) adalah keterampilan dasar mengajar yang harus dimiliki dan diterapkan oleh guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Keterampilan dasar mengajar mencakup dalam beberapa hal berikut:
1. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran
Keterampilan membuka dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan motivasi dan perhatian belajar siswa. Misalnya menyampaikan salam, mengajak siswa memulai dengan berdo’a, mengecek kehadiran siswa, dan lain sebagainya. Keterampilan menutup dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pembelajaran agar siswa dapat memperoleh pengalaman belajar. Misalnya membuat kesimpulan, membuat ringkasan, mengadakan refleksi, menyampaikan review, dan salam penutup.
2. Keterampilan menjelaskan
Keterampilan untuk mengkomunikasikan materi pembelajaran kepada siswa secara jelas, gamblang dan lancar. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan memberikan contoh yang relevan.
3. Keterampilan memberikan stimulus yang bervariasi
Variasi stimulus dilakukan melalui beberapa cara seperti: variasi dalam menggunakan metode, media, gaya mengajar, suara, dan lain sebagainya. Perhatikan tipe belajar siswa, apakah visual, audio, atau kinestetik.
4. Keterampilan menggunakan metoda dan media secara tepat
Ilustrasi harus relevan dengan kontek atau permasalahan yang sedang dibahas.

Untuk materi lebih lanjutnya, kalian bisa baca content ini ya, semoga materi ini dapat bermanfaat bagi kita semua


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.