Jumat (5/08/2022) pukul 16.00 WIB-Selesai KPM UNJ telah melaksanakan kegiatan Nalari Seri Kesembilan yang merupakan salah satu program kerja dari divisi PSDA. Nalari (Nalar Ilmiah) adalah kegiatan belajar tentang sebuah penelitian keorganisasian dan public speaking. Nalari kali ini akan membahas β€œPenelitian Eksperimen” yang dilaksanakan di Zoom Cloud Meeting. Pembukaan oleh MC yaitu Yeremia Antonius dan dilanjutkan oleh Moderator yaitu Andi Wiranata.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh Yeremia Antonius sebagai MC, dan acara diambil alih oleh Andi Wiranata selaku Moderator, lalu pemaparan materi oleh Imam Safir Alwan Nurza, APMU serta membuka sesi tanya jawab dan penutup. Peserta dan pengurus yang mengikuti kegiatan nalari ini membuat resume dari materi yang disampaikan. Materi yang disampaikan oleh Imam Safir Alwan Nurza meliputi definisi penelitian eksperimen, karakteristik penelitian eksperimen yang terdiri dari mengontrol variabel, manipulasi, ulangan, dan observasi, desain penelitian eksperimen yang terdiri dari Pre Experimental, True Experimental, Quasi Experimental, Factorial Experimental beserta definisi dan masing-masing contohnya. Pembicara juga menyampaikan mengenai kevalidan kesimpulan eksperimen yang terdiri dari validitas internal dan validitas eksternal, serta langkah-langkah penelitian eksperimen beserta contoh penelitian eksperimen.

Kegiatan berjalan lancar dengan banyak peserta yang mengikuti kegiatan nalari. Akhir dari kegiatan ini ditutup dengan Moderator dan MC.

Salam penelitian πŸ™ŒπŸ»


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.