Pada hari Jumat, 16 September 2022 telah dilaksanakan agenda Training of Trainer (ToT) #9 bersama Denanda Harwin, APMM sebagai pembicara yang menyampaikan materi tentang Dasar Pemrograman.

Pemrograman dasar adalah pembelajaran yang memberikan dasar-dasar logika yang bersifat universal dan mengedepankan pembentukan pola pikir seseorang mengenai membuat suatu program yang efektif dan efisien. Sehingga dasar-dasar universal ini dapat diterapkan pada bahasa pemrograman apa pun, kapan pun, di mana pun.

Denanda Harwin, APMM memaparkan bahwa dalam pemrograman dasar kita harus tau yang namanya Flowchart. Flowchart sendiri adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urut-urutan prosedur dari suatu program. Flowchart menolong analis dan programmer untuk memecahkan masalah kedalam segmen-segmen yang lebih kecil dan menolong dalam menganalisis alternatif-alternatif lain dalam pengoperasian.

Flowchart biasanya mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang perlu dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.

Selanjutnya, terdapat banyak sekali bahasa pemrograman yang kini beredar luas dan digunakan oleh industri pengembangan perangkat lunak. Beberapa di antaranya yang paling terkenal adalah Java, Python, C/C++, Visual Basic, PHP, dsb.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.