Pada hari Jumat, 15 Oktober 2021 telah dilaksanakan agenda Training of Trainer (ToT) #10 bersama Bobbi Anggara Putra Sanjaya, APMP sebagai pembicara yang menyampaikan materi tentang Analisa Perhitungan Membuat Tangan Kinematika Robot Menggunakan RoboAnalyzer dan dihadiri oleh 34 peserta.

Robot adalah agen buatan mekanis atau vital yang mampu merasakan lingkungannya, melakukan perhitungan untuk membuat keputusan, dan melakukan tindakan di dunia nyata. Kinematika robot adalah sebuah studi analitis mengenai pergerakan tangan robot (arm robot) terhadap sistem kerangka koordinat referensi yang diam/bergerak tanpa memperhatikan gaya yang menyebabkan pergerakan tersebut.

Terminologi Kinematika Robot:

·       Dot -> Titik tempat terjadinya torsi. Biasanya merujuk pada motor servo atau motor stepper.

·       Link -> Tempat terhubung nya para effektor .

·       Base -> Link 0 yang terhubung pada kerangka koordinat tetap (fixed) sebagai acuan titik pusat koordinat cartesius (0,0).

·       End Effector -> Bagian tangan robot terakhir yang akan melakukan aksi.

·       Gripper -> Bagian tangan robot yang berfungsi untuk mencengkram benda.

Analisa Parameter Sederhana Pembuatan Tangan Kinematik Robot Dengan Menggunakan Metode Denavit-Hartenberg (D-H) -> mempresentasikan analisa hubungan gerak dan translasi antara l lengan-lengan yang terhubung dalam suatu manipulator. Analisa D-H digunakan menentukan koordinat suatu titik pada forward kinematics dan untuk menentukan hubungan pada setiap joint pada robot manipulator.

Link Youtube : https://youtu.be/fGGvAacZFyQ

“Jika Anda menginginkan sesuatu yang belum pernah dimiliki dalam hidupmu. Anda harus melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.” – JD Houston

Semoga bermanfaat🌻

Salam penelitian🖐🏻

Penulis               : Reza Yanu Ariyanti

Publisher            : Hadi Suseno


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.